Powered By Blogger

Jumat, 18 Oktober 2019

5 Destinasi Wisata di Jogja ini Akan Membuat Liburan Akhir Tahun Kamu Lebih Berkesan!

Quipperian! Tak terasa kita sudah berada di penghujung tahun 2016, itu berarti akan banyak hari libur yang bisa kamu nikmati. Liburan akhir tahun adalah salah satu momen yang tak boleh terlewatkan untuk kamu rayakan, baik dengan keluarga maupun sahabat-sahabat terdekat.

Bagaimana dengan Quipperian? Sudah adakah rencana liburan akhir tahun kali ini? Berwisata ke luar kota mungkin bisa menjadi salah satu pilihan yang tepat dan menyenangkan untuk mengisi liburan akhir tahun kamu.

Penatnya hiruk pikuk dalam kota yang biasa kamu temui akan digantikan dengan suasana yang masih asri dan alami, serta budaya yang berbeda juga. Jogjakarta adalah destinasi wisata yang menawarkan beberapa hal tersebut, mulai dari city tour hingga wisata alam akan kamu dapatkan untuk mengisi waktu liburan akhir tahun kamu.

Quipper Video Blog kali ini akan memberikan 5 rekmendasi destinasi wisata terbaik di Jogja lengkap dengan kegiatannya yang bisa kamu kunjungi dalam rangka liburan akhir tahun


1. Merasakan suasana kehidupan di Desa Wisata Krebet

Bagi Quipperian yang biasa hidup di kota besar, jenis wisata ini cocok banget nih! Kamu bisa punya pengalaman liburan yang berbeda dari biasanya, yaitu tinggal di desa. Kamu gak perlu lagi tuh mikirin macet dan polusi udara di jalanan.

Ada banyak pilihan desa wisata di Jogja yang bisa kamu pilih, mulai dari yang berada di daerah pegunungan, perkebunan hingga pantai. Salah satu pilihan desa wisata yang kamu bisa kunjungi saat liburan akhir tahun ini ialah Desa Wisata Krebet.

Desa ini terletak di Sendang Sari, Kecamatan Pajangan, Kabupaten Bantul atau sekitar 25 kilometer dari pusat Kota Jogja. Desa yang terkenal dengan kerajinan batik kayunya ini memiliki banyak daya tarik wisata yang patut kamu selusuri.



Desa ini menawarkan paket wisata live-in lengkap dengan homestay atau rumah warga sebagai tempat tinggalnya. Di sini kamu juga bisa melakukan berbagai kegiatan yang biasa dilakukan penduduk lokal di desa ini.

Mulai dari berkebun, membatik di media kayu, membuat gula aren, atau sekedar keliling desa. Wisata ini cocok banget bagi Quipperian yang liburan dengan keluarga maupun dengan para sahabat.

Selain itu, Desa Wisata Krebet juga memiliki objek wisata air terjun yang tidak boleh terlewatkan. Untuk menuju ke lokasi tersebut, kamu bisa memakai sepeda atau berjalan kaki 15 menit dari desa. Air terjun ini masih jarang dikunjungi oleh banyak wisatawan, dengan begitu kalian bisa lebih puas dalam menelusuri tempat ini.

2. Piknik di Hutan Pinus Mangunan

Hutan lindung yang termasuk dari bagian kawasan RPH (Resort Pengelolaan Hutan) Mangunan ini berlokasi di Desa Mangunan, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul. Quipperian memerlukan 45 menit hingga 1 jam atau sekitar 23 kilometer dari pusat Kota Jogja jika kalian ingin mengunjungi destinasi wisata ini.

Dengan luas sekitar 500 hektar, kawasan ini terdiri dari berbagai jenis pepohonan, mulai dari pohon pinus yang mendominasi, mahoni, akasia, kemiri, dan pohon kayu putih.

Tak heran jika tempat ini akan memberikan suasana alam yang masih terjaga dan juga sejuk. Itulah sebabnya tempat ini sangat cocok dijadikan sebagai tempat piknik bersama keluarga ataupun teman-teman kamu.

Di sini juga sudah banyak spot dengan rerumputan yang datar serta tempat duduk yang nyaman untuk kegiatan piknik kamu. Jangan lupa untuk membawa bekal dan perlengkapan piknik kamu ya jika berkunjung ke Hutan Pinus Mangunan.

Keindahan Hutan Pinus Mangunan yang mirip seperti Hutan di Forks dalam film The Twilight sering dijadikan lokasi untuk hunting foto dan juga pre-wedding. Quipperian tidak akan bosan deh, karena pihak pokdarwis (kelompok sadar wisata) desa setempat selaku pihak pengelola banyak membangun spot foto, mulai dari gaupura selamat datang hingga beberapa pendopo yang ada di atas pohon. Jadi banyak stok foto akhur tahun deh!

3. Menikmati malam pergantian tahun baru di Bukit Bintang Wonosari

Bagi Quipperian yang ingin menghabiskan malam pergantian tahun dengan semarak letusan pesta kembang api, Bukit Bintang Wonosari adalah tempatnya. Bukit yang memiliki ketinggian 500 meter di atas permukaan laut ini berada di kilometer 16 jalan Jogjakarta-Wonosari.

Di bukit ini kamu bisa melihat pemandangan Kota Jogja yang menakjubkan pada malam harinya. Lampu-lampu yang berpijar dari seluruh penjuru kota dengan lanskap Gunung Merapi-Merbabu, dan juga selingan pesawat yang sedang landing atau take off dari Bandara Adisutjipto menambah keindahaan di bukit ini.



Coba bayangkan, jika semua pemandangan tersebut ditambah dengan gemerlapnya pesta kembang api saat malam pergantian tahun. Sungguh pengalaman liburan akhir tahun yang berkesan bukan?

Selain itu, Quipperian juga tidak perlu khawatir akan merasa bosan di Bukit Bintang Wonosari. Di sepanjang jalan, kamu akan dengan mudahnya melihat berbagai kedai kopi dan warung makanan yang cocok sebagai tempat berkumpul menghabiskan malam pergantian tahun ini.

4. Gemerlap pesta kembang api di kawasan titik nol kilometer

Kemeriahan malam pergantian tahun baru di Jogjakarta terpusat di kawasan nol kilometer dengan beberapa titik lokasi perayaan yang tersebar di Tugu Jogja, Malioboro, Alun-Alun Utara dan Selatan Keraton.

Jika Quipperian ingin menghabiskan malam pergantian tahun baru yang meriah, kawasan di titik nol kilometer ini bisa menjadi pilihan kamu. Kawasan ini biasa dipenuhi oleh ribuan orang yang ingin menyaksikan pesta kembang api yang rutin diselenggarakan setiap tahunnya.

Sepanjang jalan di kawasan ini, Quipperian akan merasakan suasana tahun baru banget! Kamu akan melihat banyak orang dengan berbagai aksesoris atau atribut yang khas, penampilan musisi jalanan di sepanjang jalan Malioboro, hingga panggung-panggung kesenian yang diselenggarakan sebagai hiburan rakyat.

Tidak hanya itu, Quipperian juga tidak perlu khawatir mengenai tempat makan. Di kawasan ini kamu punya banyak banget pilihan tempat, mulai dari kaki lima hingga restaurant semua ada di sini.

5. Menyaksikan pagelaran budaya di Candi Prambanan

Candi Hindu terbesar yang telah menjadi situs warisan dunia UNESCO (United Nations of Educational, Scientific, and Cultural Organization) sejak tahun 1991 ini dapat kamu pilih sebagai tempat untuk menghabiskan pergantian malam tahun baru.

Candi Prambanan menawarkan perayaan malam tahun baru yang berbeda dengan yang ada di Kota Jogja. Di sini kamu bisa menyaksikan beberapa pagelaran budaya dan kesenian tradisional, serta ada juga live music yang siap menemani kamu di malam pergantian tahun.

Salah satu pagelaran budaya yang Quipperian dan keluarga tidak boleh lewatkan adalah pertunjukan Sendratari Ramayana yang tetap diselenggarakan di malam akhir tahun.

Pertunjukan ini menyuguhkan kisah Ramayana yang dirangkum dalam 4 babak: penculikan Sinta, misi Anoman ke Alengka, kematian Kumbakarna atau Rahwana, dan pertemuan kembali Rama-Sinta. 

Melalui pertunjukan ini, Quipperian akan lebih mengenal sejarah dan budaya Jawa berupa tari, drama, dan musik dalam satu panggung pertunjukan yang apik dengan latar Candi Prambanan secara langsung.

0 komentar:

Posting Komentar

Related image