Powered By Blogger

Sabtu, 14 September 2019

6 Fakta tentang harimau yang jarang diketahui

6 Fakta tentang harimau yang jarang diketahuiHari ini diperingati oleh para pegiat perlindungan hewan sebagai Hari Harimau Sedunia. Mungkin tidak banyak orang tahu jika sejak tahun 2010 lalu, tanggal 29 Juli telah ditetapkan untuk mengingatkan masyarakat tentang perlindungan harimau dari ambang kepunahan. Global Tiger Forum di St. Petersburg adalah forum penggagas peringatan tersebut.

Pelestarian harimau patut jadi perhatian kita juga. Namun sebelum itu, kita perlu mengenal lebih dekat hewan karnivora ini. Seperti kata pepatah, "Tak kenal maka tak sayang," maka kita perlu tahu fakta-fakta menarik tentang harimau berikut ini.

Harimau merupakan spesies bertubuh paling besar di antara keluarga kucing


Panjang harimau dewasa bisa mencapai 11 kaki atau sekitar 335 sentimeter. Di samping itu, harimau adalah salah satu hewan dengan ingatan paling tajam, lebih tajam dari manusia.Penglihatannya juga tajam, 30 kali lebih tajam dari penglihatan manusia di malam hari.

Harimau adalah salah satu pemburu terbaik di rimba

Insting predatornya dilengkapi dengan kecepatan berlari hingga 60 km/jam, serta kemampuan melompat sejauh 6 meter dengan tinggi 5 meter. Si belang ini adalah perenang paling andal di antara kucing-kucing lainnya. Senjatanya adalah cakar yang mampu mengoyak tengkorak beruang hanya dengan satu sabetan saja.

Auman harimau dijamin bisa membuat kita ngompol di tempat

Saking kerasnya, suara auman harimau bisa terdengar dari jarak 2 mil. Kemudian, ternyata bukan cuma bulunya saja yang punya garis-garis hitam, kulit harimau juga belang. Pola loreng setiap harimau tidak pernah ada yang sama antara satu dengan lainnya. Oleh karena itu para ahli biasanya mengidentifikasi seekor harimau melalui pola garis-garis hitam pada belangnya.

Hanya tersisa 5 spesies harimau di dunia, dari 8 spesies yang pernah ada

Dari 5 spesies tersebut, Harimau Sumatera ada di Indonesia. Spesies harimau lainnya adalah, harimau Indochina, China Selatan, Bengal dan harimau Siberia. Sedangkan 3 spesies yang telah punah antara lain, harimau Jawa dan Bali, serta harimau Kaspia.


Dalam 100 tahun terakhir, jumlah populasi harimau menurun drastis dari angka 100.000 menjadi 3.000 sampai 4.000 ekor saja. Menurut catatan WWF, populasi harimau hanya sejumlah 3.890 ekor di seluruh dunia, sampai dengan bulan April lalu. Hal ini membuat para aktivis pecinta binatang khawatir akan ancaman kepunahan predator eksotis ini.

Harimau menjadi ikon nasional di beberapa negara

Negara yang menjadikan harimau sebagai hewan nasional antara lain, Bangladesh, India, Vietnam, Malaysia dan Korea Selatan. Figur harimau juga terpampang jelas pada lambang negara Malaysia dan India.

Malaysia menggunakan simbol dua ekor harimau mengapit sebuah perisai untuk melambangkan kekuatan dan keberanian dalam menghadapi segala tantangan yang mengadang negara tersebut.

Tiger Woods adalah penguasa rimba golf


Kalau harimau yang satu ini punya segudang prestasi di dunia olahraga. Tiger Woods adalah penguasa rimba golf. Dia merupakan salah satu pemain golf tersukses, serta masuk dalam daftar atlet terkaya dunia selama beberapa tahun. Sekitar 139 kejuaraan telah dimenangkannya selama menjadi pegolf profesional sejak tahun 1996 sampai 2008.

Pemilik nama asli Eldrick Tont Woods diberi nama panggilan Tiger sejak kecil. Nama tersebut diambil dari nama sahabat sang ayah (Earl Woods) yaitu, Kolonel Col. Vuong Dang "Tiger" Phong, semasa perang Vietnam.

0 komentar:

Posting Komentar

Related image