Powered By Blogger

Selasa, 27 Agustus 2019

Kenali 4 Ciri Orang Psikopat


Psikopat adalah gangguan yang membuat seseorang menjadi tidak memiliki hati nurani dan juga empati. Sehingga orang yang psikopat cenderung manipulatif, mudah berubah, dan sering kali berbuat kriminal. Jennifer Skeem, Dosen Psikologi dan Perilaku Sosial di University of California, Irvine, menyatakan bahwa orang yang psikopat cenderung digambarkan jahat, padahal nyatanya tidak selalu. Meski orang dengan gangguan ini cenderung terlihat normal bahkan baik tetapi ada tanda khusus yang menyertainya. Berikut ciri-ciri psikopat yang bisa Anda amati.

Ciri-ciri psikopat yang biasanya muncul dan terlihat
Untuk dapat mengenali orang dengan psikopat, kenali melalui berbagai ciri berikut seperti:

1. Sangat menarik

Salah satu aspek penting yang cukup menonjol dari orang psikopat adalah ia cukup bisa menutupi jati diri yang sebenarnya dan tampil semenarik mungkin. Menarik dalam artian terlihat baik dan sangat menyenangkan. Orang dengan gangguan ini bisa menunjukkan sisi humoris, simpatik, dan bisa membuat orang lain tertarik akan ceritanya. Meski menarik tetapi cerita yang diucapkannya belum tentu benar.

2. Sangat tempramental

Orang psikopat sesungguhnya sangat tempramental. Biasanya kemarahannya ini sangat berlebihan tanpa peduli siapa yang sedang berhadapan dengannya dan apa yang dilakukannya. Dalam kehidupan berumah tangga, psikopat biasanya cenderung melakukan kekerasan baik fisik maupun mental.

Sementara dalam hubungan dengan orang sekitarnya biasanya orang yang psikopat sering marah berlebihan dan terus menerus mengajak berdebat. Namun emosi ini biasanya muncul hanya jika ada seseorang menghalangi jalannya untuk mencapai tujuan. Selebihnya, ia akan terlihat sangat sempurna.

3. Kurang menunjukan emosi

Pada kondisi-kondisi tertentu, orang psikopat cenderung memiliki emosi yang dangkal. Artinya, orang psikopat cenderung kurang bisa menunjukkan emosinya seperti rasa malu, bersalah, atau takut. Ketika seseorang berada dalam situasi tertentu yang menakutkan atau menyakitkan, orang psikopat cenderung tidak menunjukkan respon apapun dan tidak berempati terhadap orang lain.

Bahkan, ketika orang normal menunjukkan reaksi ketakutan disertai dengan keluarnya keringat dingin sebagai respon tubuh, orang psikopat justru sebaliknya. Ia tetap tenang dan tubuhnya tidak menunjukkan respon apapun.

4. Tidak bertanggung jawab

Psikopat cenderung tidak bertanggung jawab. Orang dengan gangguan kepribadian yang satu ini biasanya cenderung menyalahkan orang lain atas kesalahan yang sebenarnya dilakukan. Hal ini dikarenakan orang psikopat merasa dirinya lebih superior dibanding orang lain. Meski mungkin mengaku bersalah ketika dipojokkan tetapi perasaan ini tidak disertai rasa malu atau penyesalan. Bahkan, mereka cenderung tidak memiliki niatan untuk memperbaiki kesalahannya.

0 komentar:

Posting Komentar

Related image