Powered By Blogger

Rabu, 19 Desember 2018

Wow NASA Temukan Bintang Baru yang Dijuluki 'Gaia 17bpi'

NASA Temukan Bintang Baru yang Dijuluki 'Gaia 17bpi'JAKARTA - Dua Teleskop Badan Antariksa (NASA) telah berhasil merekam bintang baru dari sebuah ledakan di ruang angkasa. Bintang tersebut merupakan kelas bintang yang mendapatkan massa ketika materi berputar di sekitar bintang jatuh ke permukaannya.
Dilansir dari laman JPL, Rabu (19/12/2018), materi yang jatuh tersebut menyebabkan bintang muncul sekitar 100 kali lebih terang. Astronom hanya menemukan 25 bintang di kelas ini, dan hanya sekitar setengah dari yang telah diamati selama ledakan.
Penemuan baru ini menjelaskan beberapa misteri yang telah lama ada di sekitar evolusi bintang-bintang muda, termasuk bagaimana mereka memperoleh semua massa mereka. Perilaku meledak-ledak ini tampaknya jauh dari pandangan karena tertutup oleh awan tebal debu.

 

Bintang yang baru ditemukan, yang dijuluki Gaia 17bpi, pertama kali ditemukan oleh satelit Badan Ruang Angkasa Eropa, Gaia. Akan tetapi satelit NEOWISE secara kebetulan mengamati cahaya bintang pada saat yang sama yang dilakukan oleh Gaia.
Pencarian tambahan dalam arsip data NEOWISE dan arsip teleskop antariksa Spitzer yang mendeteksi inframerah NASA menunjukkan bahwa pesawat ruang angkasa ini telah mendeteksi flare-up dalam cahaya inframerah lebih dari satu tahun sebelumnya
 

0 komentar:

Posting Komentar

Related image