Powered By Blogger

Jumat, 05 Juli 2019

Tanaman Obat yang Mudah Dibudidayakan di Rumah

5 Tanaman Obat yang Mudah Dibudidayakan di Rumah, Plus Manfaatnya

sudah jadi kebiasaan orang-orang Indonesia untuk lebih dulu mencoba “berobat” pakai jamu-jamuan dari tanaman obat. Tanaman obat itu sendiri punya ribuan jenis spesies
dari total 40 ribu macam tanaman obat yang ada di dunia, ternyata hampir 90%-nya berhabitat di Indonesia. Menguntungkan, bukan? Namun begitu, hanya sekitar 9.000 spesies saja yang diduga kuat memiliki khasiat obat, dan bisa Anda tanam sendiri di rumah.


Apa itu tanaman obat?

menjaga kesehatan otak

tanaman obat alias tanaman biofarmaka lebih biasa dikenal dengan sebutan TOGA (Tanaman Obat keluarGA).
Tanaman ini mengandung senyawa aktif atau bahan alami tertentu yang disinyalir baik untuk menunjang kesehatan tubuh. Setiap jenis tanaman mungkin memiliki “komposisi” senyawa yang berbeda satu sama lain, sehingga manfaatnya juga mungkin bervariasi antar satu tanaman obat dengan yang lain.

setiap bagian dari tumbuhan obat bisa dimanfaatkan untuk mendapatkan khasiatnya.
Mulai dari daun, batang, buah, kulit, biji, akar, hingga umbi atau rimpangnya yang kemudian dikonsumsi dalam berbagai bentuk seperti dimakan mentah-mentah, untuk bumbu dapur, obat oles, hingga diracik menjadi jamu minum.

beberapa jenis TOGA yang bisa Anda budidayakan sendiri dengan mudah di rumah :

( * ) JAHE

Image result for JAHE

Jahe adalah salah satu jenis tanaman obat yang digunakan sebagai bahan pembuat jamu dan obat tradisional.

Jahe mengandung senyawa aktif kuat bernama gingerol yang mampu mengatasi banyak masalah pencernaan seperti sakit perut dan mual-muntah, pusing karena vertigo, hingga mengurangi sakit akibat nyeri haid serta nyeri sendi seperti osteoarthritis dan rematik. Gingerol juga dilaporkan dapat mencegah pertumbuhan sel kanker usus besar. Selain itu, jahe dapat membantu menurunkan berat badan.

( * )  KUNYIT

Image result for KUNYIT

Kunyit mengandung zat kurkumin yang memberikan warna oranye khasnya. Kurkumin jugalah yang memberikan khasiat obat dari kunyit untuk membantu menjaga kesehatan serta mencegah penyakit.

Berkat senyawa kurminnya, simpang oranye ini sudah sejak dulu digunakan dalam pengobatan tradisional Indonesia untuk meringankan gejala gangguan pencernaan, gejala penyakit kulit, mengatasi penyakit hati, mengurangi risiko penyakit jantung dan stroke, hingga mencegah kanker usus besar.

( * )  KENCUR

Image result for KENCUR

Kencur sudah dikenal lama sebagai obat batuk berdahak, obat diare, obat deman, dan obat sakit gigi. Kencur juga bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan nafsu makan dan mengobati cedera otot setelah olahraga.

( * )  KUMIS KUCING

Image result for KUMIS KUCING


Kumis kucing adalah tanaman obat yang cukup terkenal dalam meringankan beberapa masalah kesehatan, seperti luka di kulit dan gusi bengkak. Selain itu, zat antiradang dalam kumis kucing dapat membantu mengendalikan gejala alergi, rematik dan asam urat, penyakit ginjal, hingga menghentikan kejang.

( * )  DAUN SIRIH

Image result for DAUN SIRIH


Daun sirih digunakan sebagai tanaman obat untuk mengobati berbagai masalah kesehatan. Nenek moyang kita sejak dulu terbiasa mengunyah sirih untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut mereka.

0 komentar:

Posting Komentar

Related image