Powered By Blogger

Sabtu, 09 Maret 2019

10 Jendral Terkenal Pada Masa Tiga Kerajaan


Negara Cina merupakan negara yang memiliki peradaban dan sejarah mengenai kerajaan-kerajaan terhebat pada waktu ituyang dikenal dengan sebutan 3 Kerajaan. Ketiga kerajaan tersebut memiliki popularitas yang tinggi di dunia. Masing-masing dari kerajaan tersebut adalah Kerajaan Shu,Kerajaan Wu, dan Kerajaan Wei. Ketiga kerajaan tersebut sangat populer hingga cerita dari ketiga kerajaan tersebut dibuat film dan gamenya yaitu Dynasty Warrior. Bagi pecinta film-film yang bertemakan kerajaan pasti sudah tidak asing dengan sejarah 3 kerajaan Cina tersebut. namun dibalik nama besar ketiga kerajaan terdapat para jenderal-jenderal yang memiliki peranan penting dalam membangun nama besar kerajaan tersebut. Ini dia 10 Jenderal Terhebat di Zaman 3 Kerajaan Cina:


1. Lu Bu 



Lu Bu adalah seorang jenderal terkenal yang dulunya mengabdi kepada Dong Zhuo pada masa keruntuhan Dinasti Han. Pertempuran paling terkenal yang melibatkan dirinya adalah di Hulao Gate (pada saat itu ia masih menjadi bawahan Dong Zhuo) dan juga Xiapi. Ia dieksekusi di Xiapi setelah kalah melawan pasukan Cao Cao. 


2. Guan Yu 

Guan Yu adalah salah seorang jenderal terkenal di Kerajaan Shu Han. Ia juga merupakan saudara angkat dari Liu Bei, raja Shu Han pertama dan Zhang Fei. Pertempuran paling terkenal yang melibatkan dirinya salah satunya di Fan Castle. Ia meninggal disana setelah dibunuh oleh Lu Meng, salah seorang jenderal dari Dong Wu.



3. Zhang Fei 


Zhang Fei adalah salah seorang jenderal terhebat di Shu Han. Banyak pertempuran yang ia ikuti seperti di Hulao Gate, Guandu, Changban, dan Chibi. Di Chibi, ia bersama jenderal lainnya seperti Zhao Yun, Guan Yu, dan strategist seperti Lu Su, Zhou Yu, dan Zhuge Liang berhasil membuat Cao Wei kalah dan mundur kembali ke negaranya.


4. Zhao Yun


Zhao Yun merupakan salah seorang jenderal terhebat yang pernah dimiliki oleh Shu Han. Pertempuran yang membuat ia terkenal adalah di Changban. Ia menerobos barikade pasukan Cao Wei hanya utk menyelamatkan istri serta anak Liu Bei yang terjebak di Changban. Setelah peristiwa di Changban ia bersumpah akan melindungi Liu Shan, anak Liu Bei sampai akhir hayat.


5. Ma Chao 


Ma Chao adalah anak dari Ma Teng, penguasa daerah di barat daya. Serta salah seorang jenderal terhebat di Shu Han. Pertempuran yang diikuti oleh Ma Chao salah satunya di Tong Gate, Ma Chao habis-habis melindungi daerah yang dikuasai oleh ayahnya yang saat itu sedang diinvasi oleh Cao Wei.


6. Xiahou Dun 

Xiahou Dun merupakan kerabat dari Cao Cao sekaligus jenderal dari Cao Wei. Pertempuran Xiapi merupakan pertempuran dimana Xiahou Dun kehilangan matanya akibat terkena panah saat melawan Lu Bu. Ia juga mengikuti pertempuran terkenal lainnya seperti di Guandu, Changban, dan Chibi.


7. Taishi Ci 



Taishi Ci adalah jenderal yang mengabdi pada kerajaan Dong Wu. Ia awalnya adalah bawahannya Liu Yao. Namun ia tertangkap pada pertempuran di Wujun dan ia dibujuk oleh Sin Ce utk ikut menjadi anggota dari pasukan Dong Wu. Sejak saat itu Taishi Ci menjadi jenderal yang mengabdi kepada Sun Ce dan Sun Quan di Dong Wu. Taishi Ci meninggal dalam pertempuran di Hefei saat melawan kerajaan Cao Wei.


8. Zhang Liao 

Zhang Liao adalah salah satu jenderal dibawah komando kerajaan Cao Wei. Awalnya dia adalah bawahannya Lu Bu saat di Pertempuran Xiapi, namun ia dan Lu Bu ditangkap oleh pasukan Cao Cao. Ia bersedia mengabdi pada Cao Cao sementara atasannya, Lu Bu dieksekusi. Pertempuran terkenal yang dia ikuti salah satunya di Hefei. Ia berhasil mengalahkan Wu di Hefei dan menyebabkan Taishi Ci, jenderal Wu tewas. Zhang Liao meninggal di Hefei akibat panah beracun milik pasukan Wu.


9. Huang Zhong 



Huang Zhong adalah salah satu jenderal terhebat di Shu Han. Huang Zhong terkenal saat di Pertempuran Gunung Dingjun, yang merupakan pertempuran dengan dua pemanah terbaik di zaman tiga kerajaan, yaitu Huang Zhong (Shu) dan Xiahou Yuan (Wei). Huang Zhong meninggal setelah dikalahkan oleh Xiahou Yuan di Gunung Dingjun.

10. Gan Ning 


Gan Ning adalah seorang jenderal Dong Wu pada Zaman Tiga Negara. Gan Ning sebelumnya adalah seorang perompak. Ia menaruh berberapa bel di bajunya, sehingga musuh tahu kalau dia datang. Setelah menjadi perompak, ia direkrut menjadi bawahan Huang Zu dan Liu Biao. Saat Sun Quan menyerang Huang Zu, Gan Ning berhasil membunuh Ling Cao, salah satu jenderal bawahan Sun Quan sekaligus ayah dari Ling Tong. Hal ini yang membuat Ling Tong sempat dendam dan antipati terhadapnya. Setelah Huang Zu dikalahkan Yuan Shao, Gan Ning menjadi bawahan Yuan Shao. Zhou Yu dan Lu Meng sangat menyambutnya ke Wu. Jasanya juga dipakai dalam Pertempuran Chibi. Namun dia dibunuh oleh Sha Moke pada saat pertempuran Wu melawan Shu di pertempuran Yiling. 

0 komentar:

Posting Komentar

Related image