Powered By Blogger

Minggu, 03 Maret 2019

Fakta Unik Seputar Kura-Kura

Penyu dan kura-kura merupakan hewan bersisik memiliki kaki empat dan termasuk ke dalam golongan hewan reptile. Hewan yang memiliki ordo Testunidata tersebut sangat mudah dikenali secara khas karena keberadaan batok atau rumah yang berbentuk kaku dan keras.
Adapun batok dari kura-kura tersebut terdiri atas 2 bagian. Pada bagian yang menutupi punggung sendiri dinamakan karapas, sedangkan untuk bagian bawah dinamakan plastron. Pada setiap bagiannya tersebut terdiri atas 2 lapis, untuk lapis luar biasanya berbentuk sisik-sisik yang keras dan besar serta tersusun seperti halnya genting. Sedangkan di lapisan dalam berbentuk lempeng-lempeng seperti tulang tersusun rapat, layaknya tempurung.

 Apa Perbedaan Kura-Kura dan Penyu? 

Tak sedikit orang yang masih belum bisa membedakan antara kura-kura dan penyu. Meskipun mereka masih dalam 1 family namun memiliki perbedaan yang begitu mencolok seperti berikut ini :
  • Meskipun kura-kura dapat hidup di air dan juga di darat, namun kura-kura sendiri lebih menyukai habitat daratan dibandingkan air.
  • Penyu lebih banyak menghabiskan waktu di air dibandingkan di daratan. Takhanya itu saja, ada juga penyu betina yang muncul kedaratan ketika mereka bertelur saja. Untuk itu, penyu dapat dikatakan sebagai kura-kura laut.
  • Kura-kura memiliki bentuk kaki ketika ia berjalan di area daratan saja, serta memiliki kuku yang bentuknya sangat tajam. Mereka tak memiliki sirip yang berguna untuk berenang. Kura-kura berenang bertujuan untuk mendinginkan tubuhnya saja.
  • Bulus dan penyu memiliki bentuk kaki menyirip atau sirip yang dimanfaatkan untuk berenang secara bebas di alam pantai atau lautan.
Fakta Menarik dan Keunikan dari Kura-Kura

Untuk mengenal lebih dekat tentang kura-kura, Anda perlu mengetahui beberapa keunikan dari kura-kura yang sangat khas berikut ini!
  1. Kura-kura dapat hidup hingga di seluruh benua yang ada dibumi,kecuali di area benua antartika dengan suhu yang begitu dingin.
  2. Kura-kura merupakan makhluk purba. Dimana mereka telah ada semenjak dua ratus juta tahun yang lalu, hanya saja perbedaannya kura-kura yang ada di zaman dulu mempunyai bentuk gigi panjang dan tajam. Selain itu, kura-kura pada zaman dulu tak dapat memasukkan kepalanya pada cangkang.
  3. Kura-kura dapat hidup lebih lama dibandingkan manusia, yakni mencapai 150 tahun lamanya, sementara manusia saja memiliki waktu hidup selama 60 tahun saja.
  4. Kura-kura mempunyai indera penciuman begitu tajam dan mempunyai indera penglihatan begitu baik.
  5. Menurut hasil penelitian, keunikan dari kura-kura terdapat di bagian tempurungnya yang dapat memberikan petunjuk mengenai cara hidupnya. Bagian temputung yang bertekstur keras pada kura-kura yang berhabitat didarat memiliki bentukl membulat kubah yang menyulitkan para predator kura-kura ketika hendak menghancurkan bagian tempurungnya. Akan tetapi, ada pula beberapa jenis kura-kura yang ada di benua Afrika memiliki tempurung lebih lentur dan datar sehingga membuat mereka pun lebih mudah untuk bersembunyi di bebatuan.
  6. Tempurung pada kura-kura sendiri terdiri atas 50 tulang, diantaranya tulang belakang, tulang bahu dan tulang rusuk yang menyatu secara bersama-sama lalu membentuk tempurung luar atau eksternal dan keras tersusun atas protein berserat dengan nama lain keratin.
  7. Umumya kura-kura itu sendiri mengonsumsi buah-buahan, sementara untuk spesies dari kura-kura hijau mengonsumsi tumbuhan. Adapun tubuhan tersebut berupa rumput laut.
  8. Dalam bahasa Inggris, hewan yang satu ini terutama untuk spesies yang hidup di area pantai dinamakan turtle, sedangkan kura-kura berhabitat di daratan dinamakan tortoise. Adapun perbedaan paling mencolok diantara keduanya yaitu ada dalam kakinya, untuk kura-kura berhabitat laut mempunyai sirip sedangkan yang darat tak memiliki sirip.
  9. Khusus pada kura-kura berkepala panjang mempunyai bobot mencapai 20 kg saja. Sedangkan kura-kura yang berleher panjang usia dewasa dapat tumbuh hingga panjangnya mencapai 3 kaki.
  10. Keunikan dari kura-kura lainnya adalah bisa merasakan gelombang meskipun kura-kura sendiri tak mempunyai telinga.
  11. Kini banyak sekali yang membicarakan bahwa kura-kura dapat dijadikan sebagai hidangan makanan yang bisa dikonsumsi manusia. Bahkan di negeri China sendiri banyak yang telah menjual jenis kura-kura Brazil sebagai hidangan makanan masyarakat di sana. Dimana kura-kura dimasukkan pada plastik lalu dibungkus memakai plastik yang kedap udara. Itulah beberapa fakta menarik dan keunikan dari kura-kura.

0 komentar:

Posting Komentar

Related image