Powered By Blogger

Senin, 18 Maret 2019

5 Barang Antik Termahal Di Dunia

Barang antik emang unik. Saking uniknya, kalau dijual, mahalnya bisa gak tanggung-tanggung. Lho kok bisa? Tentu aja bisa. Selain keberadaannya yang langka, ada nilai-nilai tersembunyi di balik barang-barang tersebut. Entah itu nilai dari si pembuatnya ataupun bahan pembuatannya.

Jadi wajar kalau mengoleksi barang antik itu menjadi salah satu hobi orang-orang tajir. Lha wong harganya aja mahal banget. Penasaran apa aja barangnya? Dikutip dari Ancient Origins, nih lima barang antik yang punya harga selangit.

1. Guci Dinasti Qing – Rp 1,01 triliun


Siapa yang menyangka kalau barang antik yang berasal dari Cina ini adalah barang termahal yang pernah dijual. Guci ini dilepas rumah pelelangan London dengan harga 53,1 juta poun sterling atau Rp 1,01 triliun ke miliuner Cina.

Ternyata mahalnya guci ini terletak pada motif ukiran ikan dan bunga yang benar-benar jarang ditemukan. Ditambah lagi adanya segel kaisar Cina pada guci tersebut.
 
Guci ini diketahui berasal dari Dinasti Qing pada masa pemerintahan Kaisar Qianlong yang berkuasa dari 1644-1912.

2. Badminton Cabinet – Rp 517 miliar


Keindahan dari furnitur ini menjadikannya barang unik termahal kedua di dunia. Badminton Cabinet dihargai US$ 36 juta atau Rp 517 miliar pada tahun 2004.

Padahal nih, sebelumnya furnitur ini dijual dengan harga US$ 16,6 juta pada tahun 1990. Diperkirakan harganya bakal mencapai US$ 1 miliar atau Rp 14 triliun pada tahun 2064. Gokil.

Badminton Cabinet dipesan Henry Scudamore, seorang bangsawan Inggris yang hidup pada 1707-1745. Nama furnitur yang tingginya 3,6 meter ini diambil dari nama pemukiman yang bernama Badminton House.

3. Codex Leicester karya Leonardo Da Vinci – Rp 442 miliar


Buku karya Leonardo Da Vinci ini ternyata menarik minat Bill Gates. Ia pun menggelontorkan uang sampai US$ 30,8 juta atau Rp 442 miliar buat membeli Codex Leicester pada tahun 1992.

Uniknya, semua isi buku ini adalah tulisan tangan. Bisa jadi selain faktor popularitas Da Vinci, tulisan tangan pada buku ini jugalah yang bikin harganya jadi sangat mahal.
 
Codex Leicester sendiri berisi catatan disertai sketsa dan diagram. Dengan menggunakan pengetahuan sains dan seninya, Da Vinci mengungkapkan gimana fosil ditemukan di gunung. Terus gimana sifat dari air dan menjelaskan beberapa teori astronomi.

4. Olyphant Battle Horn – Rp 231 miliar


Tanduk yang difungsikan sebagai terompet perang ini dilepas dengan harga US$ 16,1 juta atau Rp 231 miliar dalam pelelangan tertutup di Eropa. Terompet tanduk ini terbuat dari gading gajah dan diukir dengan gambar-gambar binatang.

Ukirannya yang benar-benar indah dan sangat jarang ditemukan bikin terompet abad ke-11 ini punya harga jual yang fantastis.

5. Moonflask putih, biru, dan merah muda – Rp 230 miliar


Porselen yang cantik ini dijual dengan harga US$ 16 juta atau Rp 230 miliar pada tahun 1987. Saat ini keberadaannya bisa ditemukan di JJ Lally & Co., New York, Amerika Serikat.

Porselen Moonflask ini dibuat antara tahun 1736-1795. Sepasang phoenix merah muda dengan ornamen warna biru yang mengelilinginya bikin siapa pun yang memandang bisa kepincut dalam sekejap. Jadi, jangan heran kalau harganya luar biasa mahal.


0 komentar:

Posting Komentar

Related image