SEO dan Peringkat Website
Apa yang pertama kali Anda pikirkan ketika mendengar istilah SEO? Mungkin keyword adalah kata pertama yang sebagian besar orang pikirkan ketika membicarakan tentang SEO.
Kebanyakan pemilik bisnis fokus pada keyword saja untuk strategi SEO mereka. Jika Anda juga melakukan hal yang sama dan belum mendapatkan hasil memuaskan, mungkin Anda perlu mencari faktor signifikan lain yang berpengaruh terhadap ranking Anda di hasil pencarian.
Alogaritma hasil pencarian tidak hanya dipengaruhi oleh keyword. Banyak faktor yang berpengaruh terhadap peringkat website Anda di hasil pencarian. Beberapa di antaranya adalah berapa lama waktu yang dihabiskan pengunjung di website, broken links, jumlah view, bounce rate, kualitas inbound dan outbond link, dan masih banyak lagi.
Artikel ini akan membahas tentang berbagai aspek website usability yang mempengaruhi ranking website dan apa hubungan antara SEO dan website usability.
Mungkin Anda bertanya-tanya, apa itu website usability?
Website Usability adalah
Website usability adalah penggabungan berbagai elemen website yang berhubungan dengan conversion. Beberapa elemen website tersebut adalah:
Efektivitas: Apakah pengunjung bisa langsung mendapatkan informasi yang mereka inginkan ketika mereka mengunjungi website Anda? Misalnya, apakah mereka bisa menghubungi customer care atau membeli produk yang mereka inginkan dalam kurun waktu kurang dari 7 detik?
Efisiensi: Efisiensi adalah tambahan dari efektivitas. Berapa lama yang konsumen butuhkan untuk menyelesaikan aktivitas mereka (membeli produk, misalnya) di website Anda? Jika website Anda tidak memungkinkan konsumen untuk membeli produk dalam waktu singkat, kemungkinan besar konsumen akan meninggalkan website Anda.
Memorabilitas: Apakah pengunjung bisa menemukan kembali website Anda untuk keyword yang sama? Return traffic merupakan hal penting dalam penilaian alogaritma Google dan berpengaruh terhadap SEO website Anda.
Salah satu cara agar membuat pengunjung ingat website Anda adalah dengan menggunakan domain ekstensi baru seperti .tech, .store, .space, .fun, dan lain-lain. Domain-domain tersebut membantu Anda untuk membuat nama domain yang singkat dan unik sehingga mudah diingat pengunjung.
Misalnya, daripada membuat handmadebagsstore.com, Anda bisa membuat bags.store. Anda bisa menambahkan handmade setelah nama domain menjadi bags.store/handmade. Nama domain seperti ini lebih mudah diingat dan meningkatkan kemungkinan adanya return traffic.
Anda bisa membaca penelitian tentang ekstensi domain baru tentang bagaimana hubungan antara ekstensi domain baru dan SEO dan pengaruhnya terhadap SEO website Anda.
Error Prevention: Error di website Anda akan berpengaruh terhadap pengalaman pengunjung dan ranking SEO. Misalnya, 404 page not found error, link kedaluwarsa, atau link yang mengarahkan ke laman yang tidak sesuai.
Semua bisnis selalu mencari cara cepat untuk meningkatkan peringkat website mereka di hasil pencarian. Membangun SEO untuk bisnis merupakan investasi jangka panjang. Dan dalam bisnis jangka panjang, tidak ada jalan pintas.
SEO adalah proses panjang dan jika ada yang menjanjikan Anda akan mendapatkan hasil kilat dari SEO, perlu dipertanyakan kebenarannya.
Jadi pertanyaannya adalah….
Berapa waktu yang diperlukan untuk mendapatkan ranking di halaman pertama hasil pencarian Google? Jawabannya adalah tidak pasti. Bisa membutuhkan waktu lama, bisa juga dalam waktu singkat.
Mungkin Anda menganggap ini adalah jawaban yang tidak jelas, tetapi itulah kenyataannya. Terdapat banyak faktor yang mempengaruhi ranking website dan setiap kasus berbeda penanganannya.
Berikut adalah lima cara menaikkan peringkat website di Google
1. Optimasi Website Versi Mobile

0 komentar:
Posting Komentar