Powered By Blogger

Minggu, 28 Juni 2020

5 Fakta Kecoa Madagaskar yang Gak Menjijikan dan Bisa Dipelihara

5 Fakta Kecoa Madagaskar yang Gak Menjijikan dan Bisa Dipelihara

Kalau mendengar kata kecoa, pasti kamu akan langsung membayangkan bahwa Kecoa itu sebagai serangga yang paling menjijikan. Yups, memang kecoa adalah serangga yang habitatnya memang hidup di tempat-tempat kotor.

Tapi nih, tahukah kamu bahwa ternyata ada jenis kecoa yang bisa dipelihara dan gak menjijikan sama sekali. Namanya adalah Kecoa Madagaskar! Berbeda dengan Kecoa yang menjijikan pada umumnya, Kecoa Madagaskar ini gak menjijikan dan bentuknya menarik.


1. Berasal dari Madagaskar

 5 Fakta Kecoa Madagaskar yang Gak Menjijikan dan Bisa Dipelihara

Kecoa Madagaskar adalah serangga yang berasal dari Madgaskar dan habitatnya bukanlah di tempat kotor-kotor seperti selokan, melainkan dapat ditemukan di pohon-pohon kayu yang telah membusuk. Walaupun berasal dari Madagskar, Kecoa ini sudah menyebar ke berbagai benua.

Kecoa Madagskar bukanlah hama seperti kecoa pada umumnya. Kecoa Madagaskar lebih aktif pada malam hari untuk mencari makan dan teramasuk omnivora. Biasanya memakan buah maupun bahan-bahan nabati yang ada di sekitarnya.

2. Gak berbau dan bisa mendesis

5 Fakta Kecoa Madagaskar yang Gak Menjijikan dan Bisa Dipelihara

Bentuk dari Kecoak Magaskar ini juga oval mengkilap, namun gak memiliki sayap. Umumya, Kecoa memang memiliki bau yang sangat menyengat karena habitatnya berada di lingkungan yang sangat kotor. Namun, kecoa Madagaskar ini sama sekali gak berbau dan bisa mengeluarkan suara mendesis.

Kecoa Madagaskat akan mengeluarkan suara desis jika tubuhnya di tekan. Suara desis itu dipergunakan untuk melindungi diri dari bahaya. Selain itu, suara desis juga dikeluarkan ketika ritual kawin, tulis laman nationalgeographic.com.

3. Berumur panjang dari kecoa pada umumnya 

5 Fakta Kecoa Madagaskar yang Gak Menjijikan dan Bisa Dipelihara

Kecoa memang serangga yang paling dapat bertahan hidup dalam kondisi apa pun, bahkan dapat hidup seminggu ketika tanpa kepala dan dapat hidup tanpa makanan selama satu bulan.

Serangga biasanya memilki umur yang pendek dan kecoa biasanya memiliki usia hingga enam bulan. Namun berbeda halnya dengan Kecoa Madagaskar. Mengutip dari laman orkin.com, kecoa Madagaskar dapat hidup hingga usia lima tahun ketika berada di peternakan. Dan besarnya bisa mencapai 13 cm ketika umur kecoa sudah lebih dari setahun.


4. Ternak Kecoa Madagaskar 

5 Fakta Kecoa Madagaskar yang Gak Menjijikan dan Bisa Dipelihara

Di dalam peternakan, kecoa Madagaskar dapat hidup mencapai usia lima tahun. Seperti dikutip dari laman thenational.ae, kecoa Madagaskar pun bisa diternak dan dimanfaatkan seperti yang dilakukan oleh pengusaha asal Jinan, China, yang bernama Wang Fuming.

Dalam peternakan milikinya, Kecoa Madagaskar dipergunakan manfaatnya sebagai bahan obat-obatan, kosmetik, hingga panganan!

5. Dijadikan peliharaan  

Memiliki keunikan karena bentuknya yang unik dan gak berbau, membuat Kecoa Madagaskar ini pun bisa dipelihara. Salah satunya dipelihara oleh gadis asal Oklahoma, Amerika Serikat, yang bernama Shelby Counterman. Gak tanggung-tanggung, gadis ini memelihara Kecoa Madagascar hingga ribuan di rumahnya!

Nah, gimana? Gak menjijikan sama sekali, bukan dan bentuk dari tampilannya pun menarik. Kamu tertarik buat memelihara kecoa Madasgakar?

0 komentar:

Posting Komentar

Related image