Powered By Blogger

Senin, 11 November 2019

20 JURUSAN KULIAH PALING ANEH TAPI GAJI TINGGI

Image result for pekerjaan, job. profesi

Banyak lulusan SMA yang belum yakin mau ambil jurusan apa untuk melanjutkan kuliah S1. Tentu, ratusan pilihan jurusan bisa kamu ambil, namun untuk menentukkan mana yang sesuai dengan minat dan bakat kamu, tidak mudah.

Kalau dari ratusan jurusan tersebut tidak ada yang cocok dengan minat dan bakat kamu, mungkin 20 jurusan aneh berikut ini bisa menjadi pilihan kamu.

1) TEKNOLOGI AUDIO (AUDIO TECHNOLOGY)

Dua jurusan unik, yaitu iptek sains dan bunyi, digabung jadi satu menjadi ilmu teknologi audio. Ilmu ini merupakan studi dari pergerakan gelombang melalui keadaan dan orientasi materi yang berbeda, dan apa yang terdengar ideal untuk telinga manusia. Apakah kamu tertarik dengan musik, teknologi, atau fisika; gelar ini menawarkan berbagai pilihan fokus studi untuk masa depan.


2.) PEMBIAKAN HEWAN (ANIMAL BREEDING)

Pembiakan hewan sangat melibatkan ilmu pengetahuan (sains), jadi mungkin banyak orang heran karena pekerjaan ini kebanyakan dilakukan oleh peternak di desa. Jurusan ini berkaitan dengan mengisolasi sifat-sifat genetik yang berkaitan dengan pertumbuhan dan produksi produk-produk hewani, serta mencoba membuat keturunan yang tujuannya adalah mengambil sifat-sifat paling bagus dari hewan. 



3.) STUDI KARIBIA (CARIBBEAN STUDIES)

Sebagai negara kepulauan, Indonesia memiliki banyak pantai. Kalau kamu tertarik dengan komunitas kelauatan, ternyata ada sebuah gelar yang bisa menyalurkan minat kamu tentang kelautan, atau ‘kepantaian’. Studi Karibia menggali sejarah, budaya, masyarakat dan ekonomi dari kepulauan dan pulau-pulau besar di Laut Karibia. Magang di bidang ini bisa jadi liburan panjang buat kamu!

4.) PRODUKSI FILM DOKUMENTER (DOCUMENTARY PRODUCTION)

Kalau kamu suka menonton film documenter, ada satu jurusan spesifik (dari Studi Perfileman, Videografi, dan Animasi). Jurusan ini mengerucutkan materi-materi kuliah, dan hal ini bagus untuk kamu yang sudah tahu video seperti apa yang bisa kamu produksi. Kelas-kelas yang ditawarkan mencakup semua kebutuhan di bidang perfileman, seperti directing, penulisan skrip, penelitian, videografil dan editing.

5.) MANAJEMEN GOLF (GOLF MANAGEMENT) 

Pelajar SMA dengan bakat di bidang olah raga menghadapi keputusan sulit antara mengejar cita-cita di bidang olahraga yang mereka sukai secara professional, atau memilih jurusan yang bidang karirnya terjamin. Bagi kamu yang mengahadapi masalah seperti ini, ada banyak pilihan karir, salah satunya manajemen Golf. Bidang ini mempersiapkan kamu untuk mengoperasikan kursus golf-mu sendiri. Program manajemen Golf melibatkan latihan dan turnamen yang hebat, dan membutuhkan pembinaan dengan praktek bisnis manajemen.



6.) PENGERJAAN RUMAH KACA (GREENHOUSE OPERATIONS)

Jurusan ini cocok untuk kamu yang suka belajar tentang tumbuh-tumbuhan. Pengerjaan Rumah kaca menyediakan kesempatan unik untuk belajar produksi tanaman di lingkungan terkendali. Yang artinya kamu bisa tetap menanam di iklim tertentu dan saat hama tumbuhan menyerang.

7.) STUDI HERBAL/JAMU (HERBALISM)

Studi Herbal sudah dimulai sejak jaman awal sejarah manusia. Dengan menggunakan metode organik murni untuk perawatan dan pengobatan. Praktek pengobatan moderen ada yang sangat kontroversial dan adakalanya juga membahayakan. Dikarenakan perkembangan legalisasi masa depan, pengobatan alternatif sangat mungkin untuk berkembang pesat sebagai studi dan industri untuk beberapa tahun ke depan. Mahasiswa akan belajar sejarah nutrisi manusia, metode pemanenan, cara mempersiapkan dan mengelola praktek herbal.


8.) STUDI HOLOCAUST (HOLOCAUST STUDIES)

Genosida (pembunuhan masal suatu kaum/golongan) sepanjang sejarah dipelajari di  jurusan ini, termasuk genosida Armenia dan Holocaust Nazi. Hal ini sebagian besar berfokus pada genosida abad kedua puluh, tapi bukan hanya sejarah, mahasiswa juga menerima pelatihan tentang konseling dengan korban yang selamat, pencegahan kejahatan perang, dan sastra seputar peristiwa pembunuhan massal.


9.) PERBAIKAN REMAJA (JUVENILE CORRECTIONS)

Kalau kamu tertarik dengan kehidupan di penjara dan belajar tentang peraturan penjara, operasi penjara, dan hukum. Perbaikan remaja berfokus pada layanan yang melibatkan anak-anak muda dan remaja, yang sangat berbeda dengan orang dewasa. Studi  ini melibatkan pemahaman tentang prosedur penjara dan psikologi narapidana dan anak-anak, dan termasuk menjalankan tugas sebagai relawan di fasilitas tersebut.



10.) MANAJEMEN PENGETAHUAN (KNOWLEDGE MANAGEMENT)

Informasi telah menjadi semakin lebih sensitif di era teknologi, cukup besar sehingga kini diperlukan untuk menutupi semua seluk-beluk kehidupan. Walaupun informasi pemerintah adalah contoh terbaik dari ini, perusahaan-perusahaan juga diperlukan untuk mengontrol dan menyimpan data dari orang-orang yang tak bertanggung jawab. Jurusan ini didasarkan pada komputer, dan mencakup pengumpulan, melindungi, dan mengkomunikasikan informasi.



11.) LOGIKA (LOGIC)

Jika kamu suka berdebat, alasan, dan membujuk, mungkin karena kamu memiliki bakat untuk logika. Meskipun tidak tampak seperti 'pekerjaan', jurusan ini menawarkan gelar yang berlaku di berbagai bidang! Kamu akan belajar tentang aplikasi dan sejarah, bersama dengan kesalahan dan simbolisme yang memainkan bagian dalam nalar manusia. Ini adalah keterampilan yang berharga dan sangat diminati untuk karir seperti penegakan hukum, bisnis, sains, dan bahkan pengajaran.


12.) BIOLOGI MATEMATIKA (MATHEMATICAL BIOLOGY)

Saat ini Matematika dan Biologi tidak berarti jurusan yang tidak biasa, menempatkan keduanya bersama akan menghindari pilihan sulit untuk dipertimbangkan. Para ahli biologi bangga akan keahlian mereka untuk menjadi sebuah fenomena yang tepat, tapi apakah ada rumus pemersatu untuk dunia di sekitar kita? Meskipun kamu mungkin tidak berangkat untuk menjawab pertanyaan ini secara keseluruhan, matematika juga banyak digunakan dalam bidang biologi sebagai alat charting data dan menemukan pola. Jika kamu memiliki minat untuk dua disiplin yang tampaknya terpisah, ini mungkin jawabannya!


13.) PERENCANAAN PERTEMUAN DAN ACARA (MEETING AND EVENT PLANNING)

Kamu memiliki bakat untuk melakukan perencanaan dan imajinasi, dan alami semua pihak yang telah direncanakan telah tanpa hambatan. Tanpa diragukan lagi, jurusan perencanaan kegiatan rapat dan acara merupakan jurusan dengan nama kamu di sana. Sementara itu, jurusan ini sebagian besar berfokus pada acara yang lebih besar untuk sebuah pesta, dan mencakup semua dasar-dasar yang sama, seperti contohnya: makanan, promosi, dan anggaran, serta vendor, hukum perhotelan dan teknologi yang terkait.



14.) KEBIDANAN BERSERTIFIKAT (LICENSED MIDWIFERY)

Kamu tidak perlu menjadi seorang perawat untuk berijazah untuk memiliki profesi sebagai bidan. Bahkan, itu adalah definisi istilah tersebut. Di mana secara hukum kamu diperbolehkan untuk merawat wanita hamil sebelum, selama, dan setelah kelahiran dengan pelatihan dalam perkembangan janin dan perawatan darurat. Ini akan menjadi jalur cepat besar bagi calon para pekerja kesehatan tidak tertarik untuk menjadi dokter atau perawat. Selain itu, menjadi seorang pekerja independent sebagai bidan juga menumbuhkan semangat kewirausahaan untuk menciptakan bisnis sendiri.


15.) ILMU STUDI MUSEUM (MUSEUM STUDIES)

Studi ini lebih banyak melibatkan bidang seni daripada penciptaan seni itu sendiri. Jika kamu lebih suka menjadi seorang ahli daripada menjadi seorang penulis karya-karya besar, Studi Museum menawarkan pelatihan sebagai anggota staf galeri untuk melakukan hal ini! Kamu akan belajar bagaimana merawat dokumen, mengelola museum, melayani pengunjung museum, dan bekerja dengan seniman untuk merancang pameran. Jurusan ini mengasah semua peralatan yang diperlukan untuk menjadi kurator, atau pengawas, di museum.



16.) ILMU TEKNIK (REKAYASAN) DAN SAINS KERTAS (PAPER SCIENCE AND ENGINEERING)

Kita cenderung mengabaikan berapa banyak kertas memainkan peran dalam kehidupan kita sehari-hari. Tahukah kamu bahwa penyediaan kertas ini memerlukan staf profesional untuk memproduksinya! Gelar ini dengan teliti memeriksa langkah-langkah transformasi pohon untuk dijadikan bubur kertas, kemudian diolah menjadi kertas, sebuah proses yang sangat bergantung pada teknik kimia. Selain itu, kamu akan membutuhkan pelatihan dalam matematika, fisika, dan studi lingkungan. Tapi kerja keras akan terbayar: gaji rata-rata untuk seorang insinyur ilmu kertas sangat banyak!


17.) PARASITOLOGI

Parasit adalah bidang yang terus berkembang. Memang terdengar menakutkan, tetapi juga jurusan ini akan memberikan jaminan kerja untuk kamu. Sebagai seorang ahli parasit, tanggung jawab kamu mencakup mempelajari fenomena baru dan menemukan cara-cara untuk mencegah dan mengobati penyebaran parasit-parasit baru tersebut. Selain itu, pengendalian parasit adalah hal yang sangat penting dalam dunia medis, perhewanan, dan pengendalian lingkungan. Parasit bisa jadi sesederhana burung yang meninggalkan telur-telurnya di sarang burung lain, atau se rumit larva yang menyerang tubuh kamu.



18.) PENERBITAN (PUBLISHING)

Membaca adalah hobi yang paling populer di dunia, dan dengan budidaya yang tepat, membaca bahkan bisa menjadi karier. Penerbit memiliki pekerjaan yang beruntung, yaitu memilih buku yang akan membuatnya untuk diproduksi, dan juga bertanggung jawab mempromosikan karya-karya ini. Kamu harus tahu semua tentang hukum hak cipta dan sejarah penerbitan - tetapi dengan membaca, sudah seharusnya tidak sulit bagi kamu!



19.) REIKI

Area alternatif kesehatan lainnya adalah Reiki, yaitu praktik Jepang yang melibatkan energi tubuh untuk menyembuhkan penyakit dan meningkatkan kesehatan secara keseluruhan. Area ini juga termasuk membudidayakan ‘energi kekuatan hayati’ melalui meditasi dan pembersihan aura. Sebagai ahli kesehatan dan pengobatan, kamu akan dilatih untuk perawatan dan pengobatan menggunakan praktek-praktek ini.



20.) MANAJEMEN RESORT (RESORT MANAGEMENT)

Dari Pegunungan Rocky sampai ke Florida Keys, hotel-hotel sangat lazim di tempat-tempat yang paling indah di Amerika Serikat. Jika kamu tertarik untuk terus dapat liburan sambil kerja sepanjang tahun; karir di sebuah resort dapat menjadi pilihan empuk. Memang, mengelola restoran, pemasaran, keuangan dan karyawan butuh kerja keras, tapi kamu akan selalu punya waktu untuk bersenang-senang!

0 komentar:

Posting Komentar

Related image