Powered By Blogger

Sabtu, 23 November 2019

4 Kebiasaan Salah Pengendara Motor yang Disepelekan

Hasil gambar untuk gambar berkendara motor

Belajar mengemudi sepeda motor bisa dari mana saja, meski begitu ada ciri tertentu yang dianggap sebagai kesalahan dan bisa berakibat fatal. Kesalahan-kesalahan yang dilakukan secara terus-terusan bisa disepelekan karena tidak disadari potensi bahayanya.

Berikut rangkuman mengenai kesalahan yang tidak disadari pengendara sepeda motor.

Jari Terus Menempel di Tuas Rem

Pengereman saat mengendarai sepeda motor adalah sebuah skill yang memang harus dilatih dan dibiasakan agar mampu mengerem dengan efektif. Meletakkan jari di atas tuas rem sudah pasti kamu tidak akan lolos jika melakukan tes saat pembuatan SIM sepeda motor atau SIM C. Meletakkan jari di atas tuas rem merupakan sebuah kesalahan sepele yang bisa berakibat sangat fatal.

Pertama, hal ini membahayakan karena dengan refleks yang sering kita buat kita pasti akan menekan tuas rem tersebut secara mendadak yang bisa mengakibatkan ban tergelincir dan bisa terjatuh. Belum lagi hal ini akan membuat kendaraan di belakang kita menjadi kaget dan bisa menimbulkan kecelakaan yang beruntun.

Sementara itu teknik pengereman yang baik adalah menggunakan empat jari secara bersamaan jadi jari berada di tuas gas, bukannya di atas tuas rem. Barulah ketika kita ingin melakukan pengereman keempat jari kita menekan tuas rem secara bersamaan.

Menggunakan Spion Tidak Standar Pabrik

Penggantian spion seperti ini tidak dianjurkan karena bisa membahayakan bagi kamu sendiri dan pengguna jalan lainnya. Alasannya, spion standar pabrik sudah didesain bisa melihat keadaan kendaraan yang ada di belakang dan juga sekitar kamu dengan maksimal.

Mengganti spion standar pabrik bisa mengurangi pandangan di belakang, apalagi bila spion yang digunakan ukurannya sangat kecil.

Tidak Pakai Perlengkapan Berkendara

Ini adalah kesalahan yang paling umum dilakukan masyarakat Indonesia. Pemakaian safety riding gear seperti helm, jaket, dan sarung tangan sangat penting baik untuk perjalanan dekat dan jauh.

Kita harus selalu menggunakannya perlengkapan berkendara sebab motor riskan kecelakaan, itulah sebabnya kita perlu melindungi diri sendiri.

Membiarkan Lampu Mati pada Siang Hari

Percaya atau tidak menyalakan lampu utama motor pada siang hari sangat membantu pengguna jalan lain. Mungkin kamu pernah berpikir bahwa melakukan hal ini sangat tidak ada gunanya bukan? Tapi sebenarnya dengan menyalakan lampu utama di siang hari ini akan membantu pengguna jalan lain mengetahui keberadaan kita.

Selain itu peraturan lalu lintas juga sudah mengatur mengenai hal ini lewat Pasal 107 UU 22/2009, yang mewajibkan semua jenis kendaraan untuk menyalakan lampu pada malam hari dan kondisi tertentu. Dan khusus untuk sepeda motor diwajibkan menyalakan lampu depan dan belakang menyala di siang hari atau dikenal dengan nama aturan Daytime Running Light (DRL) mengutip situs resmi Wahana Honda.

0 komentar:

Posting Komentar

Related image