Powered By Blogger

Senin, 20 Januari 2020

Ini Dia Manfaat dari Letusan Gunung Berapi!




Bencana gunung atau kawah meletus memang mengerikan! Seperti yang belum lama ini terjadi di Kawah Sileri yang berada di Dataran Tinggi Dieng, Banjarnegara, Jawa Tengah. Bencana alam tersebut memakan korban hingga ratusan jiwa. Tapi, siapa sangka, sebenarnya letusan gunung berapi atau kawah itu juga punya beberapa manfaat, lho!

1. Menyuburkan Tanah
Adanya aktivitas vulkanisme dan abu vulkanik yang tercipta karena letusan kawah atau gunung berapi mampu membuat tanah di sekitar lokasi kejadian jadi lebih subur. Hal ini tentu saja menguntungkan bagi mereka yang memiliki mata pencahariaan sebagai petani.

2. Muncul Lahan Tambang Baru
Saat gunung atau kawah meletus, biasanya akan ada material lainnya yang ikut keluar dari lahar. Material tersebut biasanya berupa bebatuan atau tambang bumi lainnya.

3. Dijadikan Obyek Wisata
Siapa yang menyangka, pasca terjadinya letusan kawah atau gunung berapi ternyata bisa menciptakan pemandangan yang indah, lho! Adanya sensasi bau belerang alami dan bentuk kawah yang indah ternyata bisa jadi obyek wisata tersendiri buat para wisatawan lokal maupun mancanegara.

4. Adanya Sumber Air Panas
Hasil letusan kawah atau gunung berapi juga bisa menciptakan geyser alias sumber air panas. Pasalnya, geyser akan muncul secara berkala setelah terjadinya letusan kawah atau gunung berapi. Psst.. sumber air panas ini dipercaya memiliki manfaat untuk kulit, lho!

5. Sebagai Penangkap Hujan
Dengan kesuburan tanah yang diciptakan dari lahar kawah atau gunung berapi, hal ini akan menumbuhkan hutan yang lebat pula. Seperti yang kita tahu, hutan yang lebat akan menjadi penyerap air hujan yang baik pula dan mampu menahan terjadinya longsor.

6. Pembangkit Listrik
Energi panas yang timbul dari letusan kawah atau gunung berapi bisa dimanfaatkan sebagai pembangkit listrik , lho!

0 komentar:

Posting Komentar

Related image