Powered By Blogger

Sabtu, 25 Juli 2020

6 Hewan dengan Wajah Terunik, Ada yang seperti Pakai Lipstik Merah!

6 Hewan dengan Wajah Terunik, Ada yang seperti Pakai Lipstik Merah!

Dunia binatang memang selalu bisa membuat kita kagum. Begitu banyak hewan yang memiliki kesanggupan unik yang hebat maupun penampilan tak biasa yang bikin geleng-geleng. Bahkan, dari melihat wajahnya saja, kadang kita bisa merasa takjub sekaligus heran, misalnya tujuh hewan berikut yang wajahnya pantas disebut terunik di dunia.


1. Axolotl

6 Hewan dengan Wajah Terunik, Ada yang seperti Pakai Lipstik Merah!

Axolotl (Ambystoma mexicanum) adalah spesies salamander yang sangat unik. Mereka punya wajah yang tampak imut dengan mulut yang seperti selalu tersenyum. Sudah begitu, mereka punya "rambut" pink di kepalanya, yang sebenarnya adalah insang eksternal mereka.

Selain soal penampilannya, axolotl juga unik dalam beberapa hal. Misalnya seperti dikutip dari Fact Animal, mereka adalah satu-satunya amfibi yang gak mengalami metamorfosis dan tetap hidup di air hingga dewasa.

Plus, mereka juga punya kemampuan regenerasi yang luar biasa. Mereka bisa meregenerasi kaki, paru-paru, jantung dan sebagian otaknya. Hebat banget, ya!

2. Ikan kelelawar bibir merah 

6 Hewan dengan Wajah Terunik, Ada yang seperti Pakai Lipstik Merah!

Dari dunia bawah laut, ada ikan kelelawar bibir merah yang (Ogcocephalus darwini) yang wajahnya sangat tidak biasa. Ikan yang hidup di kawasan Galapagos ini tampak seperti memakai lipstik hingga bibirnya berwarna merah mencolok! Selain itu, ikan ini juga punya semacam tanduk di wajahnya yang terlihat seperti hidung mancung.

Namun, keunikan mereka gak sampai di situ saja. Tak seperti ikan pada umumnya, ikan kelelawar bibir merah bisa dibilang "mager" karena hanya berjalan-jalan di dasar laut menggunakan siripnya yang berfungsi seperti kaki. Saat ini, mereka tidak terancam punah, tapi bisa jadi akan menghadapi tantangan jika kenaikan suhu lautan terus terjadi.

3. Ikan blob

6 Hewan dengan Wajah Terunik, Ada yang seperti Pakai Lipstik Merah!

Kalau kamu melihat wajah hewan ini, apa yang ada di benakmu? Wajar kalau kamu menganggapnya mirip dengan wajah seorang pria botak yang buruk rupa karena banyak orang berpendapat demikian. Ikan ini bernama ikan blob (Psychrolutes marcidus). Dilansir BBC, mereka pernah terpilih sebagai hewan terjelek di dunia.

"Penghargaan" itu diberikan pada 2013 oleh Ugly Animal Preservation Society, organisasi yang bertujuan melestarikan hewan-hewan yang dianggap jelek. Itu diperlukan karena memang banyak orang hanya berfokus pada hewan-hewan imut sehingga melupakan hewan-hewan lain yang tidak seimut mereka.

Makanya, gelar terjelek itu diberikan bukan untuk menghina, tapi justru meningkatkan kesadaran masyarakat akan perlunya melestarikan semua jenis hewan, termasuk yang jelek sekalipun.

4. Hatchetfish

6 Hewan dengan Wajah Terunik, Ada yang seperti Pakai Lipstik Merah!

Melihat foto di atas, mungkin kamu setuju bahwa ikan yang satu ini punya wajah yang gak hanya unik, tapi juga menyeramkan. Ini adalah hatchetfish (Argyropelecus gigas) yang secara harfiah berarti ikan kapak. Mereka adalah ikan laut dalam yang hidup di kedalaman 180-1.370 meter di bawah permukaan laut.

Laman Seasky menyebut bahwa nama ikan kapak diberikan karena ikan ini punya tubuh yang pipih dan berbentuk seperti mata kapak. Mata mereka yang besar sangat sensitif dengan cahaya guna mendeteksi keberadaan mangsanya di kegelapan laut. Mereka juga mampu menghasilkan cahaya sendiri dari organ cahaya yang terdapat di sekujur tubuhnya.

5. Tikus mondok hidung bintang

6 Hewan dengan Wajah Terunik, Ada yang seperti Pakai Lipstik Merah!

Wajah hewan ini tampak seperti wajah alien dalam film-film Hollywood. Sebenarnya, apa sih bagian merah yang mirip gurita pada wajahnya itu? Ternyata, itu adalah hidungnya. National Geographic menyebut bahwa tikus mondok hidung bintang (Condylura cristata) punya lubang hidung yang dilengkapi dengan 22 sungut sensorik untuk meraba dan mengetahui keadaan sekelilingnya.

Itu vital bagi tikus ini karena mereka hidup di dalam tanah yang gelap. Mata mereka nyaris buta, tapi itu gak masalah karena dengan sensor hidung mereka lima kali lebih sensitif dari ujung jari manusia. Makanya, mereka bisa dengan lancar bergerak di bawah tanah dan berburu makanan berupa cacing dan moluska meskipun lingkungannya gelap gulita.

6. Aye aye

6 Hewan dengan Wajah Terunik, Ada yang seperti Pakai Lipstik Merah!

Last but not least, ada aye aye (Daubentonia madagascariensis), primata sejenis lemur yang hidup di Pulau Madagaskar di Afrika. Wajah primata ini sangat berbeda dengan primata mana pun dengan mata bulat besar serta kupingnya yang lebar. Bahkan, ditambah jari-jari tangannya yang sangat panjang, penampilan mereka jadi terbilang cukup menakutkan.

Karena penampilannya itu, Britannica menyebut bahwa penduduk asli Madagaskar bahkan sempat percaya bahwa hewan ini adalah pembawa sial yang harus dilenyapkan. Padahal, sebenarnya mereka hanyalah primata pemalu yang sama sekali gak berbahaya bagi manusia. Sayangnya, populasi mereka keburu menurun drastis dan kini mereka tergolong terancam punah.

Itulah enam hewan yang memiliki wajah terunik di dunia. Kalau menurutmu, mana yang wajahnya paling aneh?

0 komentar:

Posting Komentar

Related image