Powered By Blogger

Senin, 17 Agustus 2020

Cantik, 6 Hewan Ini Punya Corak Tubuh yang Seperti Leopard

Cantik, 6 Hewan Ini Punya Corak Tubuh yang Seperti Leopard 

Leopard alias macan tutul adalah jenis kucing besar yang populer berkat corak totol di tubuhnya. Hewan yang jago memanjat pohon ini menggunakan coraknya itu untuk berkamuflase saat berburu mangsanya. Sementara bagi kita yang melihat, kamu pasti setuju bahwa corak itu tampak sangat indah!

Nah, tahukah kamu bahwa ada beberapa hewan lain yang memiliki corak totol seperti itu? Hewan-hewan tersebut bahkan sampai mendapat sebutan leopard pada namanya. Mau tahu hewan apa saja? Ini dia enam contohnya.


1. Anjing laut leopard 

Cantik, 6 Hewan Ini Punya Corak Tubuh yang Seperti Leopard 

Anjing laut leopard (Hydrurga leptonyx) adalah spesies anjing laut terbesar kedua di kawasan Antarktika. National Geographic menyebut bahwa hewan ini juga kerap disebut leopard laut, dan itu wajar karena mereka punya tubuh bertotol hitam seperti leopard. Tapi kemiripan mereka bukan hanya sebatas itu.

Seperti leopard, anjing laut leopard juga adalah predator yang ganas. Tidak seperti spesies anjing laut lain yang hanya makan hewan laut seperti ikan, anjing laut leopard bahkan gak segan untuk memangsa sesama anjing laut dari spesies lain! Dengan gigi tajam dan rahang yang kuat, mereka adalah salah satu predator paling ditakuti di habitatnya.

2. Katak leopard 

Cantik, 6 Hewan Ini Punya Corak Tubuh yang Seperti Leopard 

Katak leopard mendapatkan namanya juga karena corak tubuhnya yang mirip macan tutul. Katak ini tergabung dalam famili Ranidae dan tersebar di Amerika Utara hingga Meksiko. Mereka gak beracun, tapi terbilang pemakan segala. Makanan mereka mencakup serangga cacing, katak dari spesiesnya sendiri, burung, dan bahkan ular!

3. Kadal leopard 

Cantik, 6 Hewan Ini Punya Corak Tubuh yang Seperti Leopard 


Kadal pun ada yang tubuhnya bercorak seperti leopard hingga diberi nama kadal leopard. Dilansir Britannica, ada tiga spesies kadal leopard yang semuanya tergabung dalam genus Gambelia. Yang paling dikenal adalah kadal leopard berhidung panjang (Gambelia wislizenii) yang tampak pada gambar di atas.

Warna coklat dan totol pada tubuh kadal ini membantu mereka berkamuflase pada habitatnya yang kering dan berpasir. Tapi selain itu mereka juga punya mekanisme lain untuk mempertahankan diri, yaitu kecepatan larinya yang luar biasa. Plus, mereka juga bisa melakukan autotomi dengan memutuskan ekornya jika sampai tertangkap predator.

4. Ular leopard 

Cantik, 6 Hewan Ini Punya Corak Tubuh yang Seperti Leopard 

Ular leopard (Zamenis situla) disebut juga ular tikus Eropa karena sering dipelihara untuk mengontrol populasi tikus. Ya, meski mungkin terlihat menyeramkan, laman Cretan Beaches menyebut bahwa ular leopard tidak beracun dan hanya mencapai panjang 1,2 meter. Karena itu ular yang hidup di Eropa timur dan selatan ini gak berbahaya bagi manusia.

5. Ngengat leopard  

Cantik, 6 Hewan Ini Punya Corak Tubuh yang Seperti Leopard 

Setidaknya ada 2 spesies ngengat yang mendapat sebutan ngengat leopard. Pertama adalah Zeuzera pyrina yang tubuhnya putih berbulu dengan totol-totol hitam. Ngengat ini terutam terkenal sebagai hama saat masih berbentuk larva. Ketika sudah dewasa, mereka gak bisa makan dan hanya bertujuan untuk kawin serta menghasilkan keturunan.

Ada pula spesies Hypercompe scribonia yang biasa disebut ngengat leopard raksasa. Penampilannya sangat mirip dengan ngengat leopard tapi berukuran lebih besar, dengan bentang sayap mencapai 7,5 cm. Ngengat ini berbulu ketika masih berbentuk larva. Tapi gak seperti ulat bulu, rambut halus mereka gak menyebabkan gatal.

6. Ikan daun leopard 

Cantik, 6 Hewan Ini Punya Corak Tubuh yang Seperti Leopard 

Ikan pun ada yang dinamakan leopard karena corak tubuhnya, yaitu ikan daun leopard (Ctenopoma acutirostre). Ikan ini adalah ikan predator yang berasal dari Afrika, tapi sering dijadikan hewan peliharaan di seluruh dunia. Mereka juga bisa jadi mangsa ikan predator lain yang lebih besar, tapi corak tubuhnya membuat ikan ini jago berkamuflase.

Makanan ikan daun leopard mencakup ikan kecil, amfibi, telur ikan, serangga, dan udang-udangan. Tapi laman Meet The Pets menyebut bahwa ikan ini termasuk pemalu, maka mereka gak cocok dipelihara dengan ikan lain yang agresif. Mereka juga butuh tempat berlindung di dalam akuarium, misalnya tumbuhan air, untuk menghindarkannya dari stres.

Itulah enam jenis hewan yang mendapat nama leopard karena corak tubuhnya yang mirip macan tutul. Menurutmu, yang mana yang paling mirip?

0 komentar:

Posting Komentar

Related image