Powered By Blogger

Selasa, 05 Mei 2020

Hampir Tak Pernah Terdengar Namanya, Ini 5 Fakta Unik Negara Belarus

Hampir Tak Pernah Terdengar Namanya, Ini 5 Fakta Unik Negara Belarus

Negara Belarus (Belarusia) merupakan negara yang telah berdiri sejak 25 Agustus 1991 usai memecahkan diri dari Uni Republik Sosialis Soviet — kini Rusia. Negara yang membentang seluas 207.600 meter persegi ini memang jarang sekali terdengar di kancah global. Kendati demikian, negara beribukota Minsk ini menyimpan banyak fakta unik yang sayang jika tidak diketahui.

Jika kamu penasaran dengan fakta-fakta menarik seputar negara Belarusia, yuk simak di bawah ini, ya!

1. Negara Belarusia adalah paru-parunya Eropa

Hampir Tak Pernah Terdengar Namanya, Ini 5 Fakta Unik Negara Belarus

Negara Belarus mendapat julukan sebagai paru-parunya Eropa. Hal tersebut lantaran luas wilayah yang mereka miliki, 40 persennya terdiri dari hutan yang masih asri. Bahkan, salah satu hutan — hutan BiaÅ‚owieża, disematkan sebagai Situs Warisan Dunia oleh UNESCO. Hutan tersebut juga disebut-sebut sebagai bagian terbesar dan terakhir dari hutan purba yang dulunya menutupi daratan Eropa.

Buat kamu yang pengin menikmati udara segar, negara Belarus adalah salah satu referensi terbaik ya. Sebagai bentuk penghormatan pada hutan yang dimiliki, negara Belarus pun menyematkan warna hijau pada sebagian warna bendera nasionalnya.

2. Kentang adalah makanan pokok di negara ini

Hampir Tak Pernah Terdengar Namanya, Ini 5 Fakta Unik Negara Belarus

Dalam catatan yang ditulis oleh intrepidtravel.com, Belarus memiliki sekitar 300 resep masakan berbahan dasar kentang. Oleh sebab itu, kentang di negara ini hampir tidak pernah luput dari menu sehari-hari. 

Sementara, theculturetrip.com mencatat, konsumsi kentang penduduk Belarus adalah yang tertinggi di dunia dibandingkan dengan negara lain mana pun. Ilmuwan Belarus bahkan rutin menemukan varietas kentang baru, mulai dari rasa, warna dan ukuran yang berbeda.


3. Penduduknya sangat menyukai olahraga

Hampir Tak Pernah Terdengar Namanya, Ini 5 Fakta Unik Negara Belarus

Penduduk negara Belarusia sangat menyukai yang namanya olahraga. Jenis olahraga yang umum di sini adalah sepak bola, bola tangan, gulat, renang, tenis, hoki es dan lain-lain. Maka tak heran jika negara beribukota Minsk ini ditemukan sekitar 23.000 tempat olahraga terbuka.

Yang menarik adalah, ketika tidak memiliki kesempatan untuk bertarung secara langsung di lapangan, mereka memilih untuk menonton dengan penuh sukacita. Kalau begini sih, pasti sehat-sehat ya penduduknya!


4. Bison adalah binatang yang dijadikan simbol negara

Hampir Tak Pernah Terdengar Namanya, Ini 5 Fakta Unik Negara Belarus

Hutan Białowieża bukan satu-satunya yang menjadi simbol negara Belarus. Bison sebagai salah satu hewan pengguhi hutan tersebut juga dijadikan sebagai simbol negara.

Pada mulanya, bison di hutan reservasi tersebut sempat dikatakan punah akibat pemburuan liar. Namun intrepidtravel.com menulis dalam lamannya jika kini bison di sana sudah ditemukan kembali dan jumlahnya mencapai 600 ekor.

Selain bison, hutan Białowieża juga menjadi rumah bagi rusa, lynx, babi hutan, serigala, musang dan masih banyak lagi.


5. Negara ini juga dipercayai menyimpan harta karun yang masih tersembunyi

Hampir Tak Pernah Terdengar Namanya, Ini 5 Fakta Unik Negara Belarus

Mungkin sebagian besar dari kita mendengar kisah penemuan harta karun hanya dalam cerita atau dongeng saja. Namun dalam dunia nyata, Belarus nampaknya bisa menjadi tujuan untuk mencari harta benda berharga yang tersembunyi. 

Hal tersebut lantaran di wilayah yang kini menjadi negara Belarus telah banyak terjadi peperangan besar hingga kecil sampai-sampai tak terhitung jumlahnya.

Diyakini bahwa para raja hingga prajurit menyembunyikan harta dan benda berharga agar tak diketahui musuh. Hal lainnya juga didukung oleh cakupan wilayah negara Belarus belum terjamah seluruhnya. 

Itulah 5 fakta negara Belarus yang cukup unik dan menarik untuk diketahui. Belarus juga layak menjadi tujuan destinasimu ya. Selain karena di sini udara terbilang masih segar, penduduknya pun dikenal sangat ramah.

0 komentar:

Posting Komentar

Related image