Powered By Blogger

Rabu, 06 Mei 2020

Ternyata Ini 7 Alasan yang Bikin Kuliner Indonesia Tak Tertandingi


Disebut sebagai 'Culinary Land' rasanya tidak lengkap kalau membicarakan Indonesia tanpa menyinggung kulinernya. Di dunia sendiri sudah mengakui kalau Indonesia memiliki beberapa makanan lezat yang berhasil masuk dalam jajaran makanan terenak di dunia.

Selain dari rasa makannya sendiri, kenikmatan saat bersantap juga diiringi dengan kesederhanaan. Dengan cita rasa yang memiliki bahan serta rempah-rempah yang mampu menghasilkan aroma, rasa, tekstur, dan warna ternyata hal inilah yang menjadikan masakan Nusantara sangatlah terkenal hingga dunia.

Akhir-akhir ini bukan hanya orang Indonesia saja lho yang ketagihan dengan rasa masakannya, ternyata beberapa wisatawan asing juga mengakui kalau mereka sering ketagihan. Beberapa alasan inilah yang membuat kuliner Indonesia tak tertandingi.

1. Makanan Indonesia yang kaya akan rempah

Pernah menjadi rebutan para penjajah di lain benua, rempah Indonesia memang sangat penting untuk menambah lezatnya rasa pada makanan. Karena kaya akan rempah ini, kuliner Khas Indonesia memiliki aroma khas yang bisa sangat menggoda indera penciuman.

2. Tidak mengutamakan tampilan tapi mengutamakan rasa

Makanan Indonesia memang tidak terlalu menonjol dalam hal penampilan Jika dibandingkan dengan masakan Eropa, Amerika, atau Australia, dalam segi dekorasi makanan Indonesia memang tidak eye catching. Didominasi dengan warna-warna kelam, kalau hanya dilihat orang-orang pasti berpikir kalau makanan Indonesia memang sama sekali tidak menggugah selera.

Beda halnya dengan makanan Prancis ataupun Amerika yang menyertakan berbagai ornamen dan menggunakan bahan-bahan berwarna cerah membuat enak dilihat di mata. Dibandingkan penampilan, makanan Indonesia memang sangat mengutamakan rasa. Karena rasa rempah yang kuat maka setelah mencobanya jangan berharap bisa berhenti deh!

3. Kandungan lemak yang tinggi ternyata juga jadi penyebabnya

Mungkin hanya segelintir makanan Indonesia yang tidak dimasak dengan menyertakan lemak. Semua makanan di Indonesia memang terkenal dengan kandungan lemaknya yang tinggi. Rendang yang pernah menjadi makanan terlezat nomor 1 di dunia, menggunakan santan sebagai bahan utamanya dan nasi goreng jelas memakai minyak untuk menggoreng. Tapi karena kandungan lemak itulah memberikan rasa umami sehingga lidah tidak bisa berhenti mengunyah.

4. Cara memakannya yang simpel

Tidak seperti steak, atau makanan di belahan negara yang memerlukan berbagai cara untuk memakannya, kebanyakan makanan asal Indonesia tidak menyertakan banyak instruksi saat akan menikmati hidangan. Hanya perlu piring, sendok, dan terkadang garpu makanan sudah bisa mendarat di mulut dan disantap.

5. Tidak ada makanan pembuka atau penutup

Tidak seperti makanan Eropa dan lainnya yang menyajikan berbagai lauk, main dish maupun dessert. Seolah tidak mau ribet, kuliner Indonesia membuat semua itu justru dicampur dalam satu piring.

6. Porsinya sedang dan tidak berlebihan

Kalau kuliner asal Eropa yang terkesan irit dan Korea yang terlalu banyak banchan, kuliner Indonesia hanya disajikan apa adanya dengan porsi yang tidak terlalu banyak dan tidak terlalu sedikit.

7. Poin pentingnya, harga makanan Indonesia memang lebih ekonomis

Kali ini tidak perlu jauh-jauh untuk menikmati kuliner dari berbagai belahan daerah di Indonesia, karena beberapa rumah makan memang menyediakannya. Di samping 6 alasan di atas, alasan paling penting lainnya adalah masalah harga. Dengan porsi yang bisa mengenyangkan dan rasa lezat, kuliner Indonesia terbilang sangat bersahabat di kantong.

Sejauh ini, kamu pernah coba makanan yang lebih lezat dari kuliner Indonesia?

0 komentar:

Posting Komentar

Related image