Powered By Blogger

Selasa, 19 Mei 2020

Anggaran dan Panduan Perjalanan ke Langkawi, Malaysia

Terdiri dari 99 pulau, Langkawi terletak di Laut Andaman, di lepas pantai Semenanjung Malaysia. Pulau utamanya adalah Pulau Langkawi, diambil dari nama elang cokelat kemerahan yang juga menjadi simbol pulau ini. Kepulauan ini dikenal akan sumber daya alamnya. Mungkin terlihat kecil tetapi dikemas dengan segala macam keajaiban alam seperti air terjun mulia, pantai putih, hutan bakau, sungai payau, tebing batu kapur, dan beragam satwa liar.

Jika Anda berencana untuk menginjakkan kaki di pulau Langkawi, berikut beberapa hal yang mungkin perlu Anda ketahui.

Transportasi ke Langkawi

Tidak ada penerbangan langsung ke Langkawi dari Jakarta, yang berarti Anda harus terhubung ke suatu tempat yaitu, Kuala Lumpur, ibu kota Malaysia. Dari KL, Anda memiliki tiga opsi:


1. Lewat Udara


Anda dapat terbang ke Langkawi dari Kuala Lumpur. AirAsia terbang ke Langkawi 8 kali sehari. Tarif sekitar RM120 atau sekitar Rp 420.000. Sangat cepat dan tidak perlu naik feri. Pastikan Anda memiliki cukup uang saat memesan penerbangan lanjutan.

2. Dengan Bus

Ada beberapa perusahaan bus yang beroperasi ke Kuala Perlis dan Kuala Kedah, yang berfungsi sebagai titik lompatan ke Langkawi. Pergilah ke Terminal Bus Puduraya atau Terminal Bus Duta dan dapatkan tiket. Tarif berkisar dari RM 30-RM 40 atau sekitar Rp 100.000 – Rp 140.000.

3. Dengan Kereta Api

Naik kereta tidur semalam ke Kuala Perlis. Di KL Sentral, pesan tempat kelas dua seharga RM 34 atau Rp.119.000 di atas kereta Senandung Langkawi ke Arau Station, ketiga di perhentian terakhir. Kereta berangkat dari KL jam 21.20 dan tiba di Arau Station jam 8 pagi. Dari sini, naik taksi ke Kuala Perlis dan naik feri ke Langkawi RM18 atau sekitar Rp 63.000.

Tempat Menginap di Langkawi

Sebagian besar hotel, hostel, dan resort di Langkawi berkumpul di sepanjang Pantai Cenang dan Pantai Tengah. Anda mungkin hanya ingin memilih akomodasi di sini karena ini berarti Anda akan tinggal di dekat tempat-tempat utama termasuk restoran, toko, dan objek wisata terbaik di pulau ini.

Tempat Wisata di Langkawi

1. Kilim Geoforest Park

1. Kilim Geoforest Park

Kilim Geoforest Park atau Kilim Karst Geoforest Park adalah salah satu dari tiga taman geoforest yang terkait dengan Geopark Langkawi. Dua lainnya adalah Machinchang Cambrian Geoforest Park dan The Dayang Bunting Marble Geoforest Park. Langkawi Geopark terdiri dari seluruh Pulau Langkawi, yang merupakan salah satu distrik di Negara Bagian Kedah, Malaysia.

2. Monumen Eagle Square

2. Monumen Eagle Square

Elang coklat kemerahan di Dataran Lang dibangun sebagai lambang pulau. Berdampingan dengan taman CHOGM dan taman lagenda dalam Langkawi, monumen ini juga berada dalam jarak berjalan kaki dari beberapa toko bebas yang bea atau pajak di Langkawi.

3. Langkawi Cable Car

3. Langkawi Cable Car

Langkawi cable car atau kereta kabel ini juga dikenal sebagai Langkawi SkyCab, yang merupakan salah satu atraksi utama di Pulau Langkawi, Kedah, Malaysia. Menyediakan penghubung udara dari Desa Oriental di Teluk Burau ke puncak Gunung Machinchang, yang juga merupakan lokasi Jembatan Langit Langkawi

4. SkyBridge

4. SkyBridge

Di sini, Anda akan melihat satu set tangga sempit yang melintasi hutan menuju dek observatorium, titik tertinggi di mana langit dan pemandangan laut benar-benar tidak terhalang. Bahkan Anda melihat Pulau Tarutao di Thailand.

5. Tanjung Rhu Beach

5. Tanjung Rhu Beach

Ini adalah salah satu pantai paling favorit yang indahnya memanjakan mata. Pantai ini terletak di ujung timur laut Langkawi di sudut terpencil. Kata Tanjung dalam bahasa Melayu berarti tanjung, dan Rhu berarti pohon casuarina. Jadi seperti namanya, Anda akan melihat banyak casuarinas di daerah tanjung dan pantai.

Tempat Makan di Langkawi

Jalan yang sejajar dengan Pantai Cenang dibatasi oleh jalur restoran yang menawarkan hidangan makanan laut yang nikmat. Dan karena Langkawi berada di ujung barat laut negara, pengaruh Thailand yang menyebar ke selatan terlihat dalam masakan di sini. Berikut beberapa hidangan yang mungkin ingin Anda coba nikmati seperti udang harimau, laut kukus, sate ayam, ayam dalam kunyit, kari hijau dengan kelapa, dan seafood tom yum.

Bepergian di Langkawi

Ada banyak cara untuk berkeliling menikmati keindahan pulau langkawi.

Menggunakan sepeda: Seharga RM12 atau Rp 40.000 per hari. Cara hebat untuk melihat pulau tetapi bisa sedikit terlalu melelahkan terutama di sekitar bagian berbukit.

Mengendarai sepeda motor: Harga RM40 per hari atau sekitar Rp 140.000.

Dengan taksi: Taksi di Langkawi menggunakan sistem tarif tetap dan bukan meteran. Jarak pendek dapat mencapai RM15 atau sekitar Rp.50.000 dan jarak yang lebih jauh RM25 atau sekitar Rp 87.000.

Anda juga dapat mencapai kesepakatan dengan sopir taksi untuk membawa Anda berkeliling di sekitar pulau dan menunggu Anda di setiap pemberhentian. Biasanya RM100 atau sekitar Rp 350.000 selama 4 jam dan tambahan RM25 atau sekitar Rp 87.000 per jam berikutnya.

0 komentar:

Posting Komentar

Related image