Powered By Blogger

Rabu, 29 April 2020

11 Tempat Wisata di Taiwan Paling Indah dan Memukau

Mengunjungi tempat wisata di Taiwan memungkinkan untuk berwisata sejarah, karena ada beragam kuil serta monumen yang bisa dikunjungi. Namun bagi yang memiliki hobi berbelanja, berjalan-jalan dan menikmati keindahan alam, juga ada beragam tempat yang pas untuk melakukan semua itu.

Mengunjungi tempat wisata di Taiwan memungkinkan untuk berwisata sejarah, karena ada beragam kuil serta monumen yang bisa dikunjungi.

Sekilas Soal Taiwan


Taiwan adalah wilayah yang berada di Pulau Formosa dan masih berdekatan dengan Tiongkok.  Secara de facto Taiwan adalah negara merdeka dan menjadi satu negara dunia, namun secara de jure Taiwan belum mendapatkan pengakuan dari berbagai negara dunia.

Sistem transportasi antara daerah di Taiwan sudah sangat baik. Transit cepat massal (TCM) Taipei adalah kereta rel ringan yang menghubungkan stasiun-stasiun di dalam kota. Tidak seperti sistem TCM di kota-kota lainnya di dunia yang berada di bawah tanah, TCM Taipei memiliki rel di bawah tanah, di permukaan tanah dan rel layang.

Taiwan merupakan salah satu negara Asia yang paling unik jika ditinjau dari iklim atau cuaca. Hal ini dikarenakan wilayah tengah sampai dengan utara Taiwan berada pada zona iklim sub-tropis sedangkan wilayah tengah sampai dengan selatan berada pada zona iklim tropis.

Curah hujan di Taiwan mencapai 2.500 mm/tahun dengan curah hujan bulanan tertinggi mencapai 200 mm selama musim gugur.

11 Tempat Wisata di Taiwan

1.Menara Taipei 101

di tempat wisata di Taiwan ini pengunjung bisa berwisata belanja barang mewah

Taipei 101 adalah salah satu gedung pencakar langit tertinggi di dunia. Tak hanya itu, di tempat wisata di Taiwan ini pengunjung bisa berwisata belanja barang mewah. Di Taipei 101 Mall yang merupakan bagian dari Gedung Taipei 101 yang difungsikan sebagai pusat perbelanjaan mewah dan bisa dikunjungi wisatawan.

Di maal ini dijual merek terkenal seperti Chanel, Dior, Gucci, Rolex, Versace, Bvlgari, hingga Michael Kors semuanya ada di mal ini. Ada juga Louis Vuitton, Omega, Panerai, Cartier, Burberry, Bottega Veneta, Fendi, Tumi, hingga Emporio Armani.

Nama Taipei 101 disematkan pada tempat wisata di Taiwan ini merujuk pada jumlah lantai yang ada di gedung perkantoran ini. Tak kurang ada 101 lantai ada di gedung ini, dari mulai basement, hingga lantai teratas yang berada di ketinggian 438 meter.

Penduduk kota menemukan kebutuhan hidupnya dari sini, bahkan juga penduduk luar kota.  Namun ada yang membedakan Taipei 101 dibanding bangunan mal lainnya.  Taipei 101 punya observatorium pada puncaknya, yakni lantai ke 89.  Dari puncak itu dapat disaksikan panorama dan pemandangan kota Taipei.

2.Kuil Xingtian

Tempat wisata di Taiwan ini dibangun pada tahun 1967. Desain bangunan dibuat dengan tampilan sederhana namun tetap bermartabat.

Berbeda dari kebanyakan kuil yang sudah tua, Xingtian tergolong berusia muda. Tempat wisata di Taiwan ini dibangun pada tahun 1967. Desain bangunan dibuat dengan tampilan sederhana namun tetap bermartabat. Ini sesuai dengan karakter Guangong, yang dulunya adalah seorang manusia biasa.

Yang unik dari kuil ini adalah pengunjung tidak diperbolehkan membakar uang kertas atau membawa sesaji berupa hewan. Hal ini karena ajaran kuil tempat wisata di Taiwan ini melarang membunuh binatang untuk persembahan.

Pengelola kuil juga melarang pementasan opera dan pemberian medali emas untuk para dewa. Xingtian temple juga merupakan kuil pertama  yang menghapus pengadaan kotak sumbangan. Kuil seluas 7000 meter persegi ini didatangi puluhan ribu pengunjung setiap harinya.

Setiap hari kawasan tempat wisata di Taiwan ini selalu penuh dengan para umat. Ketika disana, pengunjung bisa melihat tempat dupa dengan bentuk yang tidak biasa. Kedua pegangan berbentuk naga terbang dan dihiasi ukiran kepala naga di empat sisinya.

3.Kuil Long Shan

. Kuil tempat wisata di Taiwan ini terbagi menjadi tiga bagian. Bagian depan, bagian tengah dan belakang. Pengunjung  dapat menikmati keindahan arsitektur dan ornamen-ornamen yang menghiasi kuil Longshan.

Kuil ini dibangun sekitar tahun 1738 oleh kaum Fujian yang membuatya menjadi salah satu bangunan tertua di Taipei. Informasi mengenai tempat wisata di Taiwan ini banyak terdapat pada brosir wisata Taiwan,  karena kuil ini sangat terkenal.

Dibangun sebagai dedikasi terhadap dewi Guanyin, dewi welas asih. Nama Longshan mempunyai arti Gunung Naga. Kuil tempat wisata di Taiwan ini terbagi menjadi tiga bagian. Bagian depan, bagian tengah dan belakang. Pengunjung  dapat menikmati keindahan arsitektur dan ornamen-ornamen yang menghiasi kuil Longshan.

Di bagian depan terdapat ukiran naga yang menjaga pintu masuk kuil. Di halaman sesudah pintu pertama ada sebuah air mancur. Di aula bagian tengah terdapat empat pilar dengan ukiran naga yang sangat indah. Selain itu, pengunjung juga akan menemukan puisi dan sajak Cina yang ditulis sebagai hiasan.

Waktu terbaik untuk berkunjung adalah sekitar pukul 6 dan 8 pagi atau pukul 5 sore. Pada saat-saat tersebut, kuil dipenuhi oleh umat yang mendendangkan nyayian untuk memuja dewi Guanyin. Kuil dibuka pada pukul 0600 dan tutup pada pukul 22.20.

4.Kuil Guandu

Kuil tempat wisata di Taiwan ini menyimpan keindahan yang luar biasa. Hal itu dapat dilihat dari arsitektur dan desain bangunan kuil.

Kuil Guandu dibangun pada tahun 1661 dan merupakan kuil tertua di daerah Taiwan utara. Kuil ini dibangun sebagai dedikasi kepada Dewi Matsu, dewi lautan. Kuil ini terletak di puncak Linshan dan mempunyai legenda yang menarik mengenai dewi Matsu.

Kuil tempat wisata di Taiwan ini menyimpan keindahan yang luar biasa. Hal itu dapat dilihat dari arsitektur dan desain bangunan kuil. Kuil Guandu mempunyai desain ornamen-ornamen yang sangat mendetail. Terdapat berbagai macam lukisan, ukiran dan pahatan yang sangat indah.

Pahatan di aula utama dan pegangan tangga yang menceritakan kisah sejarah kuil di masa lalu. Di altar utama terdapat patung Dewi Matsu bersama dua pengawalnya. Bagian dalam kuil juga penuh dengan lukisan dan hiasan indah.

Di bagian kanan kuil terdapat sebuah gua sepanjang 80 meter yang disebut Kuful Cave. Di dalamnya terdapat 28 patung dewa dan juga Dewi Guanyin. Keluar dari gua, Anda bisa menikmati pemandangan alam yang sangat menakjubkan dari sungai yang ada di belakang gua.

5.Taipei Grand Mosque

Masjid tempat wisata di Taiwan ini  merupakan tempat berkumpul masyarakat Muslim Taiwan.

Taipei Grand Mosque, sebuah masjid yang tegak berdiri di tengah kota. Masjid tempat wisata di Taiwan ini  merupakan tempat berkumpul masyarakat Muslim Taiwan. Masjid ini digagas oleh ketua asosiasi Muslim di Taiwan di atas tanah yang berasal dari donasi pemerintah Taiwan.

Taipei Grand Mosque dibangun berdasarkan arsitektur Arab dan nilai-nilai Islam. Area masjid menempati lahan seluas 2747 meter persegi. Ruangan-ruangan terbagi dalam beberapa bagian yang meliputi aula resepsi, aula sholat, kantor, perpustakaan dan ruang bersuci.

Aula sholat Masjid ini  mempunyai lebar dan tinggi sekitar 15 meter. Di bagian sisi masjid terdapat dua menara yang tingginya mencapai 20 meter.

Masjid tempat wisata di Taiwan ini tidak hanya berfungsi sebagai tempat ibadah umat Islam. Masjid juga menjadi sarana pembelajaran bagi orang-orang yang ingin tahu lebih dalam tentang budaya Islam. Pihak pengelola masjid bahkan menyediakan tur bagi siapapun yang berminat.

Jadwal tur Masjid  terbagi menjadi dua. Hari Senin dan Selasa khusus bagi pengunjung dari institusi pendidikan. Sedangkan untuk pengunjung umum, tur gratis tersedia setiap Jumat dan akhir pekan.

6.Taman Nasional Yangmingshan

taman nasional tempat wisata di Taiwan ini mempunyai banyak tempat yang bisa dikunjungi. Yangmingshan Park terkenal akan kebun Sakura, pemandian air panas, fumarol dan trek hiking.

Terletak di gunung Yangming, taman nasional ini dipenuhi beragam vegetasi dan mempunyai kebun bunga sakura yang sangat indah. Selain sakura, banyak pula bunga-bunga lain di Yangmingshan yang membuat taman nasional ini mendapat sebutan “kebun belakang Taipei.”

Dengan luas wilayah sekitar 11.456 hektar, taman nasional tempat wisata di Taiwan ini mempunyai banyak tempat yang bisa dikunjungi. Yangmingshan Park terkenal akan kebun Sakura, pemandian air panas, fumarol dan trek hiking.

Trek hiking yang terkenal salah satunya adalah gunung Qixing atau Seven Star Mountain. Gunung ini berada di tengah-tengah Yangmingshan National Park dan merupakan gunung tertinggi di Taiwan. Trek hiking yang ada di Yangmingshan memiliki beragam ketinggian mulai dari 200 meter sampai 1120 meter.

Ada pula tempat menarik lain di tempat wisata di Taiwan ini. Seperti Xiaoyoukeng dimana pengunjung bisa menyaksikan kehebatan alam melalui fumarole, yakni lubang di kerak bumi yang mengeluarkan asap.

Objek wisata  Qingtiangang juga tidak boleh dilewatkan. Lokasi ini merupakan area padang rumput yang luas. Qingtiangang sering digunakan sebagai tempat piknik oleh rombongan siswa sekolah dan para keluarga.

7.Dajia Riverside Park

menikmati semua pemandangan indah Taman tempat wisata di Taiwan ini, yang terbaik adalah bepergian dengan sepeda.

Wisata taman yang menyenangkan dan bisa membuat kita rileks adalah Dajia Riverside Park yang terdapat di Dajia Riverside  Distrik Zhongshan. Lingkungannya yang bersih dan nyaman mampu membuat para pengunjungnya merasa damai. Banyak juga yang memilih untuk bersepeda di tempat ini sambil menikmati pemandangan dan menyusuri sungai di area ini.

Rumput hijau limau yang luas menghiasai bagian dalam taman dan di sekitar area olahraga tempat pengunjung menikmati bola basket, tenis, bulu tangkis, dan bahkan helipad. Di sepanjang tepi sungai adalah Area Bunga Taiwan, area aktivitas komunitas Aquatic Stage dan Lautab Bunga,di mana bunga diatur dalam pengaturan warna-warni.

Untuk menikmati semua pemandangan indah Taman tempat wisata di Taiwan ini, yang terbaik adalah bepergian dengan sepeda. Bagi mereka yang ingin meningkatkan kecepatan daripada persepeda santai, perhatikan bahwa akhir pekan adalah waktu yang cukup sibuk dan jalur sepeda mungkin cukup padat, sehingga harus megayuhd engan pelan.

Di dalam area taman terdapat air mancur raksasa yang dapat memancarkan air setinggi 70 meter. Pertunjukan air mancur berlangsung pada pukul 10.00-17.00 setiap hari, dengan masing masing sesi berlangsung selama 15 menit

8.Sun Moon Lake

Pengunjung tempat wisata di taiwan ini bisa mengambil paket tur menggunakan cable car atau ropeway untuk mengunjungi tempat-tempat seperti Formosan Aboriginal Culture Village dan Aboriginal Theme Park.

Sun Moon Lake adalah tempat paling indah yang dapat didatangi jika ingin sejenak menghindar dari hingar bingar kota besar. Sun Moon Lake adalah tempat wisata yang populer dikunjungi oleh turis lokal. Meskipun begitu, bukan berarti pengunjung luar negara tidak bisa pergi ke sana.

Ada banyak hal yang bisa Anda lakukan di tempat wisata di Taiwam ini. Pengunjung bisa mengambil paket tur menggunakan cable car atau ropeway untuk mengunjungi tempat-tempat seperti Formosan Aboriginal Culture Village dan Aboriginal Theme Park.

Di Formosan Aboriginal Culture Village pengunjung dapat menikmati pertunjukan tari yang dilakukan oleh para suku asli yang masih tinggal di situ. Mereka akan menarikan tarian tradisional dengan mengenakan pakaian tradisional mereka. Selepas dari sana, pengunjung dapat melanjutkan perjalanan ke Aboriginal Theme Park.

Aboriginal Theme Park adalah taman hiburan yang terdapat di tempat wisata di Taiwan ini. Di sana pengunjung dapat menghabiskan waktu bersama keluarga dengan mencoba berbagai macam wahana seperti Roller Coaster, UFO Adventure dan Space Mountain.

9.Hualien

Di tempat wisata di Taiwan ini terdapat tujuh jalur pendakian yang memungkinkan pengunjung menikmati spot-spot pemandangan menakjubkan.

Hualien merupakan salah satu provinsi di Taiwan yang juga menyajikan atraksi wisata kelas dunia. Menjadi provinsi dengan wilayah terluas di Taiwan, Hualien memiliki struktur wilayah bergunung-gunung dan terletak di pesisir timur Taiwan.

Hualien pun menjadi tempat yang begitu eksotis dan mengundang decak kagum siapa saja yang sempat berkunjung ke tempat ini. Provinsi ini adalah lokasi dari tempat wisata di taiwan berupa Taroko National Park.

Taroko National Park memiliki keunikan dan keajaiban alam yang spektakuler. Di taman nasional ini, pengunjung berkesempatan untuk menjelajah alam yang masih alami dengan sensasi pemandangan yang begitu bervariasi.

Di tempat wisata di Taiwan ini terdapat tujuh jalur pendakian yang memungkinkan pengunjung menikmati spot-spot pemandangan menakjubkan. Ada jalur Shakadang Trail, Changcun Trail, Tunnel of Nine Turns Trail, Lushui-Heliu Trail, Baiyang Waterfall, Huitouwan-Lianhua Pond, dan Chongde Trail.

Jalur-jalur ini menyediakan sejumlah rute pendakian. Pengunjung akan dibuat takjub dengan pemandangan air terjun, beragam flora dan fauna termasuk beraneka ragam spesies burung dan kupu-kupu yang cantik, bahkan kuil-kuil dengan arsitektur khas.

10.Shilin Night Market

Para turis yang berkunjung ke tempat wisata di Taiwan ini, datang karena ingin mencoba kuliner khas Taiwan yang ada di sana.

Toko-toko yang ada di Shilin night Market menjual berbagai macam barang dari pakaian, makanan, suvenir, mainan dan lainnya. Di tempat wisata di Taiwan ini pengunjung akan menemukan penduduk lokal dan para turis berbaur menjadi satu.

Selain toko yang menjual barang-barang, terdapat pula tempat-tempat yang menawarkan hiburan seperti bioskop, arena video games dan tempat-tempat karaoke. Di Shilin market para penjual membuka lapaknya di pinggiran jalan.

Para turis yang berkunjung ke tempat wisata di Taiwan ini, datang karena ingin mencoba kuliner khas Taiwan yang ada di sana. Pengunjung dapat mencoba berbagai macam makanan lokal. Beberapa yang menjadi ikon di pasar Shilin adalah omelet kerang, pearl milk tea, dan stinky tofu.

Selain makanan, Shilin market juga tempat berbelanja baju-baju dengan tren terbaru. Kebanyakan toko mempunyai gerainya sendiri-sendiri dimana pengunjung bebas untuk memilih barang-barang yang diinginkan.

Tempat ini adalah tempat yang tepat bagi Anda jika Anda ingin membeli oleh-oleh untuk kolega dam keluarga. Shilin market buka setiap hari dari mulai pukul 4 sore sampai lewat tengah malam.

11.Ximending

Menyusuri kawasan tempat wisata di Taiwan yang penuh warna membuat pengunjung tak terasa jika malam semakin larut.

Beragam toko terdapat di kawasan Ximending. Di antaranya, toko pakaian, kosmetik, suvenir, makanan,  tas. Mereka berjajar di kanan kiri jalan. Para pengelola toko memberikan penawaran menarik untuk menggaet pembeli. Ada yang menawarkan barang dengan diskon hingga 70%, buy one get one, buy 5 get 1, dan lainnya.

Para pengunjung banyak menyerbu toko-toko tersebut. Mereka tak hanya datang dari Taiwan tapi juga dari luar negara tersebut. Pengunjung menjadikan tempat wisata di Taiwan ini sebagai salah satu lokasi wisata belanja di Taiwan.

Selain pertokoan, ada juga hotel di kawasan itu. Menurut perwakilan Hotel, hotel ini memiliki konsep ramah lingkungan. Hal itu antara lain dapat dilihat dari dekorasi di lobi hotel yang menggunakan toples kaca daur ulang. Sandal yang disediakan untuk penghuni hotel juga sengaja dipilih yang ramah lingkungan

Menyusuri kawasan tempat wisata di Taiwan yang penuh warna membuat pengunjung tak terasa jika malam semakin larut. Seiring waktu menunjukkan pukul 23.00 waktu setempat, lampu-lampu pertokoan mulai dimatikan. Para pengelola toko menutup gerai mereka.


0 komentar:

Posting Komentar

Related image