Powered By Blogger

Senin, 14 September 2020

8 Manfaat Lidah Buaya bagi Kesehatan, Jadi Bahan untuk Cuci Tangan

8 Manfaat Lidah Buaya bagi Kesehatan, Jadi Bahan untuk Cuci Tangan



Pemanfaatan lidah buaya tidak hanya sebatas menjadi tanaman hias di rumah. Lidah buaya juga sering dimanfaatkan sebagai obat dari bahan alami ataupun untuk kesehatan. Khasiatnya banyak digunakan sebagai perawatan tubuh bagi manusia ataupun untuk menyembuhkan luka.

Banyaknya manfaat lidah buaya karena adanya kandungan seperti protein, lemak, karbohidrat, kalsium, dan masih banyak lagi. Berikut 8 manfaat lidah buaya yang telah merdeka.com rangkum dari berbagai sumber


Manfaat lidah buaya pertama yaitu dapat, 


mencegah penuaan dini


Lidah buaya dapat bermanfaat untuk menjaga kesehatan kulit. Kamu bisa menggunakan lidah buaya untuk melawan munculnya kerutan dan tanda penuaan pada kulit wajah.

Untuk mendapatkan manfaat lidah buata, oleskan gel dari lidah buaya ke permukaan kulit secara rutin selama 90 hari. Bila dilakukan secara teratur, kamu bisa mendapatkan hasil berupa kulit yang halus dan kenyal.

Selain itu, lidah buaya juga dapat berperan sebagai toner. Lidah buaya dapat meningkatkan tekstur kulit dan mengurangi keriput. Lidah buaya juga dapat menenangkan kulit yang pada akhirnya dapat membuat kulit menjadi terasa lebih lembut dan lentur.

Keriput pada mata pun bisa diatasi dengan lidah buaya. Oleskan gel lidah buaya di daerah bawah mata ketika akan tidur di malam hari. Kandungan vitamin A, C, dan E pada gel lidah buaya tersebut dapat mengobati dan membantu memelihara kulit serta meningkatkan tekstur pada kulit.

Gunakan gel lidah buaya ini secara teratur untuk mendapatkan manfaat yang maksimal. Namun, harus diperhatikan juga agar gel tersebut tidak mengenai mata kita karena efeknya akan membahayakan mata.




Sebagai Obat Pencahar


Manfaat lidah buaya berikutnya adalah menghilangkan sembelit. Untuk mendapatkan manfaat lidah buata, kamu bisa mengonsumsi zat lilin berwarna kuning yang menempel pada bagian permukaan bawah daun lidah buaya. Karena pada bagian tersebut mengandung senyawa aloin atau barbaloin yang mana merupakan zat pencahar yang ampuh.





Merawat Rambut dan Kulit Kepala


Manfaat lidah buaya selanjutnya dapat digunakan sebagai perawatan rambut dan kulit kepala. Lidah buaya mengandung mineral, vitamin, asam amino dan phytonutrient yang mana kandungan-kandungan tersebut sangat baik bagi kesehatan kulit dan rambut.

Gel lidah buaya yang mengandung mineral dan vitamin itulah yang mampu menghidrasi kulit kepala dan mengurangi peradangan ketombe. Lidah buaya juga dapat digunakan sebagai conditioner, yang nantinya dapat memberikan manfaat halus pada rambut.




Mencegah Penyakit Gigi


Manfaat lidah buaya dapat mencegah penyakit gigi dan menjaga kesehatan gigi. Penyakit gigi banyak disebabkan oleh plak gigi atau biofilm bakteri yang ada di sekitar gusi.

Penelitian menunjukkan bahwa membilas mulut menggunakan lidah buaya yang diolah menjadi jus, 100 persen memiliki efek yang sama dengan efek yang diberikan oleh chiorthexidine, atau obat kumur standar emas. Hal ini karena kandungan antibakteri yang dimiliki lidah buaya dapat menghancurkan kuman dan melindungi gigi.





Menyembuhkan Luka Bakar



Manfaat lidah buaya lainnya dapat menyembuhkan luka bakar. Getah dari lidah buaya dapat dengan cepat membantu kulit yang mengalami iritasi. Hal ini karena lidah buaya memiliki sifat antiinflamasi dan juga khasiatnya sebagai penyembuh luka. Manfaat tersebut dapat kita peroleh dengan cara mengoleskan lidah buaya dalam bentuk gel.

Penelitian juga menunjukkan bila kita mengoleskan gel lidah buaya secara rutin di daerah luka bakar, dapat memberikan efek mengurangi waktu penyembuhan hingga 9 hari dari pada menggunakan salep bakar pada umumnya.





Antioksidan Tinggi


Manfaat lidah buaya didapat karena memiliki kandungan antioksidan yang tinggi. Selain kandungan vitamin dan mineral, lidah buaya juga memiliki kandungan senyawa yang berguna sebagai obat.

Salah satu senyawa yang terdapat pada lidah buaya adalah polifenol. Senyawa ini memiliki sifat antioksidan yang kuat sehingga mampu menghambat perkembangan bakteri yang berbahaya penyebab penyakit.






Obat Diabetes



Manfaat lidah buaya lainnya dapat dijadikan sebagai obat bagi penderita diabetes, terutama diabetes tipe 2. Mengonsumsi jus lidah buaya secara teratur, kamu bisa mendapatkan vitamin yang terkandung di dalam lidah buaya sehingga dapat membantu meningkatkan sensitivitas insulin dalam tubuh.

Selain itu, lidah buaya juga bermanfaat untuk mengatur kadar gula darah kita. Namun, perlu diingat juga agar tidak mengonsumsi lidah buaya terlalu banyak. Beberapa penelitian telah menemukan jika konsumsi lidah buaya yang terlalu banyak dapat merusak hati.



Sebagai Bahan Hand Sanitizer



Manfaat lidah buaya yang terakhir sebagai bahan untuk membuat hand sanitizer.Cara membuatnya cukup mudah. Kamu hanya perlu mencampurkan setengah cangkir gel lidah buaya dengan setengah cangkir alkohol dan beberapa tetes minyak esensial. Campuran tersebut nantinya dapat membersihkan tangan, melembutkan kulit, dan juga mengharumkan kulit.










0 komentar:

Posting Komentar

Related image