Powered By Blogger

Kamis, 12 November 2020

6 Hal Menarik yang Ada di Islandia, Salah Satunya Tidak Ada Nyamuk!


Islandia merupakan salah satu negara yang menjadi tujuan wisata yang sangat populer. Tentunya ada alasan mengapa salah satu negara yang terletak di Eropa ini menjadi destinasi wisata favorit banyak orang.

Ternyata, Islandia memiliki banyak hal menarik yang tidak ada di tempat lain, sehingga menjadikan negara ini layak untuk dikunjungi. Apa sajakah itu? Inilah beberapa hal menarik yang ada di Islandia?

1. Satu dari 10 orang Islandia pernah menerbitkan buku



Penduduk Islandia memiliki minat membaca yang tinggi. Tradisi membaca di Islandia sudah ada sejak abad ke-13. Bahkan, menurut laman BBC, satu dari sepuluh orang Islandia pernah menerbitkan buku dalam hidup mereka, ini jelas menunjukkan bahwa Islandia adalah negara yang sangat berfokus pada literasi.

Salah satu penulis mahsyur di Islandia adalah Halldór Kiljan Laxness, yang merupakan penulis paling terkenal di negara itu dan telah dianugerahi Nobel Prize in Literature.

2. Tidak ada nyamuk di Islandia



Salah satu hal paling menarik dan positif seputar Islandia adalah tidak ditemukannya nyamuk di sini. Seperti yang kita tahu, serangga kecil ini merupakan hewan paling mematikan karena dapat menyebarkan berbagai jenis penyakit berbahaya. Pertanyaannya, mengapa nyamuk tidak ditemukan di Islandia, padahal serangga ini umum ditemukan di negara tetangga, seperti Greenland dan Norwegia?

Menurut laman Icelandic Web of Science, di Greenland dan negara Skandinavia Utara, pupa nyamuk berhibernasi di bawah es selama musim dingin, dan menetas segera setelah es mencair. Ini terjadi pada musim semi. Sedangkan musim dingin di Islandia bervariasi. Kadang terjadi kenaikan suhu secara tiba-tiba di tengah musim dingin hingga menyebabkan mencairnya es, tapi kemudian suhu akan turun lagi secara tiba-tiba.

Perubahan iklim di Islandia yang sangat cepat menyebabkan nyamuk tidak memiliki cukup waktu untuk menyelesaikan siklus hidupnya. Dalam kondisi ini, pupa tidak akan menjadi dewasa ketika suhu turun lagi dan es terbentuk di kolam.

3. Bertemu orang terkenal adalah hal yang sangat lazim di Islandia



Dilansir dari laman Nordic Visitor, bertemu orang-orang terkenal adalah hal yang sangat biasa di Islandia. Ini karena Islandia merupakan negara dengan salah satu populasi terkecil di Eropa. Juga, karena kebanyakan orang Islandia saling mengenal satu dengan yang lainnya.

Jadi, adalah hal biasa di sini jika saat sedang makan di restoran, kamu bertemu dengan presiden dan keluarganya. Kemudian, di jalan kamu bertemu dengan selebriti terkenal di Islandia. Terlebih karena Islandia adalah negara yang aman, kamu mungkin akan sering melihat orang-orang terkenal di sini bebas berjalan-jalan tanpa ditemani pengawal.

4. Negara paling ramah lingkungan di dunia



Islandia adalah salah satu negara paling ramah lingkungan di dunia. Bahkan, Islandia menduduki peringkat satu negara paling ramah lingkungan di dunia karena hampir semua listrik di Islandia diproduksi menggunakan sumber energi terbarukan.

Menurut laman Reykjavik, Ibu kota Islandia, yaitu Reykjavik memenangkan Nordic Nature and Environment Prize pada tahun 2014 dan berupaya mencapai tujuan menjadi kota netral karbon pada tahun 2040.

5. Daratan terakhir yang dihuni manusia



Ternyata, Islandia adalah salah satu daratan termuda di planet ini dan merupakan salah satu tempat terakhir di bumi yang dihuni oleh manusia. Menurut laman Britannica, Islandia ditemukan kira-kira lebih dari 1.000 tahun yang lalu oleh Viking dari Norwegia secara tidak sengaja

Islandia ditemukan selama zaman eksplorasi Viking dan dihuni oleh campuran penduduk Norse dan Celtic yang sebagian besar merupakan pelaut dan petualang Norwegia. Ini kemudian mendorong eksplorasi lebih lanjut ke Greenland dan pantai Amerika Utara. Islandia kemudian menjadi bagian dari peradaban Eropa.

6. Orang tua di Islandia terbiasa meninggalkan anak bayi di luar ruangan


Islandia adalah negara paling aman di dunia, karenanya, merupakan pemandangan yang umum melihat orangtua berkumpul dan ngobrol di dalam kafe dan meninggalkan bayi mereka di kereta dorong bayi di luar ruangan tanpa pengawasan. Dilansir dari laman Guide to Iceland, para orangtua melakukan ini agar bayi bisa tidur nyenyak dengan udara segar, dan orangtua bisa bersenang-senang tanpa membangunkan sang anak.

Untuk negara-negara dengan tingkat kejahatan yang tinggi, aktivitas ini mungkin tampak tidak biasa, bahkan cenderung dianggap mengabaikan keamanan sang anak. Namun, kenyataannya, bayi-bayi ini tidak memiliki risiko apapun di Islandia. Bahkan kasus penculikan dan kejahatan sejenisnya hampir tidak pernah terdengar di Islandia.

Wah, banyak juga ya hal menarik dan unik yang hanya ada di Islandia. Jadi, apakah kamu tertarik untuk mengunjungi Islandia atau bahkan tinggal di negara ini

0 komentar:

Posting Komentar

Related image