Powered By Blogger

Jumat, 06 November 2020

Harus Dijaga! Ini 5 Manfaat Penting Pohon bagi Kehidupan di Bumi


Pepohonan sudah pasti terlihat indah dan asri, dan karenanya banyak dari kita yang suka menikmati jalan-jalan di taman maupun hutan. Tapi sebenarnya, pohon memiliki arti penting yang lebih dari itu

Sejak awal diciptakan, pohon telah melengkapi bumi kita ini dengan dua hal paling krusial dalam hidup, yaitu makanan dan oksigen. Dan seiring dengan perkembangan zaman, pohon menyediakan lebih banyak kebutuhan, seperti kayu, tempat berlindung, obat-obatan, kertas, dan manfaatnya terus meningkat seiring waktu.

Berikut lima manfaat utama pohon bagi kehidupan yang perlu kamu ketahui.

1. Membersihkan udara

Para peneliti di Davey Institute menemukan bahwa pohon dan hutan kota menyelamatkan rata-rata satu kehidupan setiap tahun per kota karena partikulat yang pohon-pohon ini keluarkan dari udara. Sebuah studi di Journal of Preventative Medicine menemukan bahwa lebih banyak kasus kematian akibat penyakit jantung dan pernapasan ketika individu tinggal di daerah yang hampir tidak terdapat pohon.

Maka, tak mengherankan jika pohon sering disebut sebagai paru-paru dunia karena oksigen yang diberikan sangat penting untuk makhluk hidup lainnya.

2. Melawan perubahan iklim

Peningkatan gas rumah kaca di atmosfer mengakibatkan perubahan iklim global, meningkatnya temperatur bumi, kenaikan permukaan laut, dan peristiwa cuaca yang lebih ekstrem. Salah satu gas rumah kaca yang berkontribusi pada perubahan iklim adalah kelebihan karbon dioksida yang menumpuk di atmosfer.

Dilansir dari laman TreePeople, pohon mengurangi gas rumah kaca dengan menyerap karbon dioksida dari atmosfer dan melepaskan oksigen kembali ke udara. Dalam satu tahun, satu hektar pohon dewasa menyerap karbon dioksida dengan jumlah yang sama seperti yang dihasilkan saat kamu mengendarai mobil sejauh 26.000 mil.

Proses penyerapan karbon ini sangat penting dalam perjuangan jangka panjang untuk melawan perubahan iklim dan dampaknya terhadap bumi.

3. Baik untuk kesehatan mental


Saat kamu merasa suasana hatimu sedang berantakan, segera cari waktu untuk berjalan-jalan di tempat yang terdapat banyak pepohonan, seperti hutan. Menurut laman PsychCentral, akses ke alam menghasilkan fungsi kognitif yang lebih baik, disiplin diri yang lebih baik, dan kesehatan mental yang lebih baik secara keseluruhan.

Bahkan, menurut laman Earth Share, pasien rumah sakit yang dapat melihat pohon dari jendela rumah sakit di mana mereka dirawat memiliki masa rawat inap delapan persen lebih sedikit daripada rekan mereka yang tidak dapat melihat pohon.

4. Pengatur suhu


Kemampuan untuk memberikan keteduhan dan pemecah angin yang diberikan pohon memberi manfaat bagi semua orang, utamanya saat cuaca sedang panas dan bagi mereka yang tinggal di daerah perkotaan. Menurut laman United States Environmental Protection Agency Search, suhu udara rata-rata tahunan sebuah kota dengan satu juta penduduk umumnya satu sampai tiga derajat Celcius lebih hangat daripada sekitarnya.

Untungnya, efek panas ini dapat dikurangi dengan adanya pohon di daerah tersebut. Selain itu, di rumah tangga terdapat pohon rindang dapat mengurangi biaya pendinginan saat cuaca panas sebanyak 12 persen.

5. Meningkatkan keanekaragaman hayati perkotaan


Urbanisasi biasanya menyebabkan kerugian bagi tumbuhan dan hewan asli. Sebaliknya, adanya pohon dapat mengurangi hilangnya keanekaragaman hayati dengan menyediakan habitat bagi kelompok satwa liar asli, menurut laman National Parks.

Misalnya, berbagai jenis burung biasanya membesarkan anaknya dan bersembunyi dari predator di bawah naungan pepohonan. Tanam-tanaman juga menyediakan makanan bagi berbagai burung dan kupu-kupu. Cabang-cabang pohon yang besar dapat menjadi inang bagi pakis, anggrek, dan tanaman sejenis lainnya.

Akhirnya, sekelompok pohon yang lebat dapat memungkinkan satwa liar asli untuk lebih mudah berpindah dari satu petak hutan ke hutan lainnya, sambil meningkatkan peluang bagi kita untuk tetap dapat melihatnya di sekitar lingkungan rumah.

Nah, ternyata pohon memiliki arti yang sangat penting bukan bagi kehidupan di bumi? Gimana, mungkin kamu tertarik untuk menanam pohon di sekitaran rumahmu agar bisa dinikmati oleh generasi mendatang?

0 komentar:

Posting Komentar

Related image