Powered By Blogger

Kamis, 19 November 2020

Tak Cuma Hutan, Kenali 5 Fakta Pulau Kalimantan

Pulau Kalimantan yang juga sering disebut sebagai Borneo merupakan salah satu pulau besar di Indonesia. Pulau ini memiliki banyak hutan hujan tropis. Akibatnya masih banyak orang menganggap Kalimantan isinya hutan melulu.

Hal itu tentu tidak benar karena Pulau Kalimantan juga telah modern dan memiliki segudang pesona. Selain itu pulau ini juga memiliki berbagai hal unik yang jarang diketahui warga di luar Kalimantan. Berikut adalah lima fakta tentang Pulau Kalimantan

1. Pulau Kalimantan isinya tidak hanya hutan saja kok. Kehidupan masyarakat di Kalimantan juga telah modern dan maju


Salah satu kesalahan orang awam tentang Pulau Kalimantan adalah mengira bahwa pulau ini dipenuhi dengan hutan, padahal jumlah penduduk Indonesia yang berada di Kepulauan Kalimantan yaitu diperkirakan mencapai 16,23 juta jiwa yang tersebar di lima provinsi yang di dalamnya terdapat 56 kabupaten dan kota.

Provinsi-provinsi di Kalimantan yaitu Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, dan Kalimantan Utara. Maka sudah dapat dipastikan bahwa Kalimantan tidak hanya sekedar hutan saja, tetapi juga banyak kehidupan bermasyarakat yang maju dan modern.

2. Balikpapan di Kalimantan Timur mendapatkan julukan sebagai "Kota Terbersih" se-ASEAN


Pada tahun 2011, Balikpapan berhasil meraih penghargaan sebagai kota terbersih kedua  se-ASEAN. Tidak hanya itu, kota yang berada di Kalimantan Timur itu juga tercatat memperoleh penghargaan Adipura sebanyak 18 kali. Penghargaan ini diberikan kepada kota Balikpapan karena berhasil dalam kebersihan serta pengolahan lingkungan perkotaan. 

Balikpapan bahkan mendapatkan predikat The Most Lovable Sustainable City for 2015 atau kota paling dicintai di dunia dalam kampanye "We Love Cities".

3. Pulau terbesar ketiga di dunia


Dengan luas pulau sebesar 743.330 km persegi, Pulau Kalimantan mendapatkan urutan ketiga sebagai pulau terbesar di dunia. Urutan pertama diduduki oleh Pulau Greenland dengan luas sebesar 2.175.600 km persegi dan urutan kedua yang diduduki oleh Pulau Papua Nugini dengan luas sebesar 785.753 km persegi.

4. Banyak destinasi wisatanya


Sebagai pulau terbesar ketiga di dunia, Pulau Kalimantan memiliki lebih dari ratusan destinasi wisata. Destinasi wisata di Pulau Kalimantan terdiri dari wisata alam, wisata budaya, wisata kuliner, dan wisata lainnya

Bagi yang ingin berkunjung untuk menikmati wisata alam dapat mengunjungi Pulau Derawan yang terkenal sebagai Pulau Pasir Putih. Pulau ini terletak di Kalimantan Timur. Setiap musim libur pulau ini selalu ramai pengunjung.

Tidak hanya itu, terdapat destinasi wisata alam yang tidak kalah menawan yaitu Danau Labuan Cermin yang juga terletak di Kalimantan Timur. Karena pesonanya, danau ini juga mampu memikat wisatawan lokal maupun asing. Danau ini disebut Danau Labuan Cermin karena permukaan air yang dapat membuat cahaya matahari memantul sehingga air di danau terlihat jernih sekali.

Pasar Terapung Lok Baintan yang terletak di Kalimantan Selatan juga sangat menarik. Di sana kamu dapat melakukan transaksi jual beli yang dilakukan di atas perahu. Tempat tersebut sangat cocok untuk dijadikan sebagai spot foto.

5. Terdapat 3 negara di pulau ini


Fakta unik lainnya yakni ada tiga negara yang berada di Pulau Kalimantan yakni Indonesia, Malaysia, dan Brunei Darussalam. Luas wilayah milik Indonesia mencapai 544.150 km persegi, sedangkan sisanya adalah milik negara Malaysia dan Brunei Darussalam.

Bahkan, sebentar lagi ibu kota negara (IKN) Indonesia akan dipindahkan ke Kalimantan Timur, yakni di Kabupaten Penajam Paser Utara dan Kabupaten Kutai Kartanegara. 

Itulah 5 fakta tentang Pulau Kalimantan yang selama ini seringkali dipersepsikan kurang maju dan hutan semua. Padahal ada banyak hal menarik di pulau ini. Kamu sudah pernah mengunjungi Pulau Kalimantan?

0 komentar:

Posting Komentar

Related image