Powered By Blogger

Kamis, 19 November 2020

Biasa Dikonsumsi Sehari-hari, 5 Makanan Ini Dapat Memicu Halusinasi


Makan dapat memiliki efek yang sangat besar pada pikiran. Kebahagiaan, kesedihan, dan kondisi mental lainnya bisa berubah dengan cepat karena makanan, terutama jika kamu belum makan dalam waktu yang lama.

Bahkan, beberapa jenis makanan mungkin dapat menyebabkan halusinasi yang diiringi dengan kondisi lainnya, sehingga harus dibatasi konsumsinya.

Berikut ini daftar makanan yang dapat memicu halusinasi.

1. Ikan


Beberapa jenis ikan dapat menyebabkan halusinasi, tapi yang paling sering adalah spesies Sarpa salpa, yang merupakan ikan air laut Mediterania. Dalam buku A Dictionary of Hallucinations, Sarpa salpa dilaporkan menunjukkan gejala yang mirip dengan LSD. Ichthyoallyeinotoxism, kondisi keracunan yang terkait dengan konsumsi ikan halusinogen, dapat menyebabkan sakit perut, pusing, halusinasi visual dan pendengaran, mimpi buruk, dan hilangnya keseimbangan.

Ikan halusinogen diduga mengambil racun yang mengganggu dari ganggang tertentu yang mereka konsumsi. Walaupun demikian, kasus keracunan yang tidak disengaja sangat jarang terjadi.

2. Pala


Selain itu, konsumsi pala yang berlebihan juga menyebabkan efek samping berupa mual, mulut kering, pusing, detak jantung tidak teratur, agitasi, dan halusinasi.

3. Roti gandum hitam


Ketika beberapa jenis biji-bijian sereal, biasanya gandum hitam, disimpan dalam kondisi lembap, biji-bijian ini dapat mengembangkan penyakit jamur yang dikenal sebagai ergot, menurut laman Britannica. Konsumsi biji-bijian yang terinfeksi dapat menyebabkan keracunan gandum hitam, atau ergotisme, yang menyebabkan gejala seperti nyeri terbakar, serangan teriakan, halusinasi, kejang, delusi, keguguran, dan bahkan gangren.

Dulunya, korban ergotisme di Abad Kegelapan sering kali dikira terkena sihir karena mereka menunjukkan gejala seperti kejang dan halusinasi, perilaku yang membuat orang-orang mengira mereka telah dirasuki oleh roh jahat. Ergotisme bahkan mungkin memperparah wabah pes, yang menewaskan setidaknya sepertiga populasi Eropa. Di mana insiden wabah melonjak di daerah dengan simpanan biji-bijian yang besar, di mana ergotisme dianggap telah melemahkan sistem kekebalan massa.

4. Cabai


Menurut penelitian dalam jurnal Frontiers in Psychology, cabai tidak memiliki senyawa psikoaktif. Namun, mengonsumsi makanan yang sangat pedas seperti cabai dapat menyebabkan halusinasi sebagai campuran dari rasa panik yang disebabkan oleh rasa sakit dan aliran endorfin yang membuat kamu merasa nyaman.

Efek samping dari konsumsi cabai adalah dapat menyebabkan mata menyipit, berkeringat, diare, tersedak, dan muntah.

5. Kafein


Sebuah penelitian yang telah dipublikasikan dalam jurnal Personality and Individual Differences menemukan bahwa individu yang minum tiga cangkir kopi sehari lebih cenderung berhalusinasi. Penelitian tersebut menemukan bahwa kopi dikaitkan dengan mendengar atau melihat sesuatu lebih dari sekadar kadang-kadang.

Dalam penelitian ini, peneliti mengajukan dua hipotesis, yaitu kafein dapat meningkatkan kadar kortisol, hormon stres yang dapat membuat otak ketakutan sampai ke titik halusinasi ringan, atau mungkin saja mereka yang memiliki kecenderungan untuk beberapa halusinasi ringan.

Setelah mengetahui jenis makanan yang dapat menyebabkan halusinasi, kamu tahu apa saja makanan yang hanya bisa dikonsumsi dalam jumlah terbatas.

0 komentar:

Posting Komentar

Related image