Powered By Blogger

Sabtu, 26 Desember 2020

Alabama Hills, Bukit Bebatuan yang Menjadi Latar 'Sakti' Film Hollywood

 

Terletak di California Tengah, tepat sebelah barat Kota Lone Pine, Alabama Hills adalah salah satu ‘bintang Hollywood’ yang paling tidak terkenal tetapi paling banyak difilmkan. Tempat ini terdiri dari sedikit "bukit" dan banyak kumpulan batu raksasa bulat yang berdesakan. Kehalusan kontur bulatnya menciptakan kontras yang indah dengan garis tajam pegunungan Sierra Nevada yang melatarbelakanginya. Lanskap ini benar-benar tidak seperti tempat lain di Bumi; dan keunikannya menimbulkan keragaman ‘peran’ yang dimainkan di layar. 

Formasi batuan aneh ini bisa menjadi latar yang mewakili berbagai daerah, mulai dari Colorado, Arizona, Wyoming, Meksiko, Spanyol, Iran, Afghanistan, India, dan Cina — belum lagi planet yang jauh, dimensi alternatif, dan alam fantasi. Saking banyaknya film yang menggunakan latanya, rasanya hampir tidak mungkin untuk membuat daftar semua aktor dan aktris legendaris yang telah berbagi adegan dengan lengkungan batu ini. Mulai dari Spencer Tracy, Errol Flynn, Clint Eastwood, Lucille Ball, Cary Grant, Cesar Romero, Natalie Wood, dan Russell Crowe, pernah beradu akting di sana. 


Pembuatan film di sekitar Alabama Hills mulai meningkat pesat sepanjang tahun 1920-an. Pada tahun 1930-an, area tersebut telah menjadi salah satu lokasi yang paling banyak digunakan untuk lokasi syuting di luar zona studio. Pada 2019, Alabama Hills telah berusia 100 tahun, sejak keterlibatannya menjadi latar dalam pembuatan film paling awal yang dikonfirmasi di daerah tersebut.  

Tahun 2019 pun tidak hanya menandai seabad pembuatan film pertama di Alabama Hills, tetapi juga menjadi tonggak penting untuk sejarah sinematik lokal. Festival Film Lone Pine ke-30, sebagai contohnya, dilangsungkan di sana pada musim gugur 2019. Dimulai pada tahun 1989 sebagai Sierra Film Festival, Festival Film Lone Pine setiap tahun menampilkan film-film yang diambil di perbukitan Alabama Hills.  


Biasanya setelah pemutara film, pemandu wisata akan membawa pengunjung festival ke luar untuk melihat bebatuan dan ngarai yang baru saja mereka tonton di layar. Sebagai "satu-satunya festival film di lokasi", Festival Film Lone Pine memungkinkan peserta untuk menjadi pencari lokasi amatir. 

Sayangnya, sebagai akibat dari COVID-19, Festival Film Lone Pine 2020 tidak diselenggarakan, seirama dengan ditutupnya kawasan Alabam Hills. Sebagai gantinya, walaupun dibutuhkan banyak usaha untuk mewujudkan festival ini setiap tahunnya, pihak penyelenggara bertekad untuk mengadakan festival ke 31 pada tahun 2021.

0 komentar:

Posting Komentar

Related image