Powered By Blogger

Rabu, 30 Desember 2020

Yunani Punya Museum dengan Koleksi Koin Kuno Terbesar di Dunia

Numismatika atau dalam bahasa Latin-nya 'numisma' yang berarti koin adalah sebuah kegiatan mengumpulkan mata uang.  

Koleksi numismatik terdiri dari benda-benda kuno seperti uang kertas, koin kuno, dan token yang pernah beredar dan digunakan oleh masyarakat.  

Lewat numismatik pula, sejarah mata uang itu sendiri dapat diketahui. Mulai dari cara pembuatannya, ciri-cirinya, variasi yang ditemukan, hingga sejarah politik terbentuknya mata uang tersebut.  


Buat kamu yang ingin mengetahui lebih jauh tentang koleksi numismatik, di Yunani ada satu museum yang menarik buat disambangi. Bernama Museum Numismatik Athena, museum ini merupakan salah satu museum dengan koleksi koin terbesar di dunia.  

Dilansir Atlas Obscura, museum ini menyimpan sekitar 500.000 benda koleksi, tidak hanya koin tetapi juga medali, cetakan uang logam, stempel, dan juga benda sejarah yang berkaitan dengan koin.  


Koin-koin kuno tersebut ada berasal dari masa kekaisaran Romawi, Bizantium, hingga Ottoman. Tak hanya itu, koin modern dan kontemporer dari negara-negara Yunani dan Eropa juga tersimpan di museum ini. 

Menariknya lagi, jika ditelusuri lebih jauh, museum ini menggambarkan tentang sistem ekonomi dan mata uang yang dahulu pernah digunakan di Yunani.  

Museum ini juga memiliki sebuah perpustakaan dengan berbagai literatur tentang ilmu numismatik dan laboratorium konservasi. 

Museum yang didirikan pada 1838 ini dibangun tak lama setelah kemerdekaan Yunani pada awal abad ke-19. Kala itu, pemerintah Yunani memprakarsai sebuah proyek untuk mengumpulkan koin-koin kuno, dimulai dari koin Aegina kuno. 

Seiring berjalannya waktu, Museum Numismatik Athena pun memiliki ribuan koleksi koin-koin kuno dari seantero Yunani. Menariknya lagi, koin-koin dari negara lain juga bisa ditemukan di museum ini.  


Meski telah didirikan sejak tahun 1838, museum ini baru dibuka untuk publik pada tahun 2007. Hal tersebut dikarenakan museum ini sempat berpindah-pindah mulai dari di Universitas Athena, Academy Athena, hingga akhirnya museum ini menempati bangunan sendiri. 

Bangunan museum ini sendiri sekarang berada di Iliou Melathron atau Palace of Lion yang dimiliki oleh seorang arkeolog asal Jerman Heinrich Schliemann, yang dikenal karena penemuannya terhadap perang Troya di Yunani. Bangunan ini sendiri didesain oleh Ernst Ziller sekitar tahun 1878 dan 1880, dan merupakan salah satu tempat tinggal pribadi yang megah di Athena saat selesai dibangun.

0 komentar:

Posting Komentar

Related image