Powered By Blogger

Selasa, 15 Desember 2020

Bukan Anjing, Hewan Ini yang Justru Bantu Melestarikan Jamur Truffle di Hutan

Anjing biasanya diperbantukan untuk mencari jamur truffle terbaik di hutan. Tapi hewan satu ini, justru memiliki peran penting dalam melestarikan stok jamur termahal tersebut di ekosistem alaminya. Yup, dia adalah walabi!  

Mengutip Science Daily, sebuah studi menemukan bahwa walabi yang diberi pakan truffle dapat melestarikan ekosistem jamur tersebut di hutan. Dr Melissa Danks dari Edith Cowan University di Australia Barat menemukan bahwa walabi rawa dapat menyebarkan spora truffle di sekitar lingkungannya —menunjukkan pentingnya fungsi hewan ini untuk keberlangsungan hidup jamur dan ekosistem hutan.  

“Ada ribuan spesies truffle di Australia dan mereka memainkan peran penting dalam membantu pepohonan dan tanaman berkayu kami untuk bertahan hidup,” katanya. 


Bahan makanan mahal itu hidup dalam hubungan yang saling menguntungkan dengan pepohonan dan tanaman berkayu. Siapa sangka, jamur dengan nilai tinggi ini dapat membantu tumbuhan menyerap air dan nutrisi, serta membantu melawan penyakit tanaman yang disebabkan alam. 

Namun, berbeda dengan jamur biasa (di mana sporanya dapat tersebar melalui angin dan air), truffle perlu dimakan oleh hewan untuk memindahkan spora mereka. Maka dari itu, Dr Danks dan rekan penelitinya di University of New England menyelidiki peran walabi rawa dalam menyebarkan spora ini. 

“Walabi adalah hewan yang mencari dan makan tumbuhan; dari pakis, dedaunan, serta berbagai macam jamur, dan truffle," katanya. 


Tim peneliti memberi makan truffle ke walabi dan menghitung waktu lamanya spora muncul di kotoran hewan tersebut. Sebagian besar spora truffle muncul dalam waktu 51 jam hingga tiga hari. Lewat informasi ini, para peneliti kemudian memasang pelacak GPS ke walabi untuk memetakan seberapa jauh mereka bergerak selama periode tiga hari. 

Hasil penelitian menunjukkan bahwa hewan walabi dapat bergerak hingga ratusan meter —kadang-kadang lebih dari 1 kilometer, dari sumber truffle asli sebelum spora muncul di kotoran mereka. Hal ini membuat hewan ini sangat efektif dalam menyebarkan truffle di sekitar hutan. 



"Memahami sistem penyebaran spora benar-benar kunci untuk kelangsungan hidup hutan," kata Dr Danks. “Banyak tumbuhan semak yang memiliki hubungan timbal balik dengan truffle untuk bertahan hidup, dan karenanya sangat penting untuk memahami peran hewan dalam menyebarkan spora truffle ini.” 

Kita jadi tahu, kalau truffle ternyata bukan hanya sekadar makanan mewah bagi manusia. Jamur ini memiliki fungsi lebih untuk ekosistem hutan, dan dengannya alam kita akan tetap berfungsi dengan baik. Hmm, semakin merasa wajar, bukan kalau harga truffle semahal itu?

0 komentar:

Posting Komentar

Related image